Kok Bocor?
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Kok Bocor?

Kok Bocor?

19 Nov 2019

Kok Bocor?

Girls, kamu pernah melihat noda darah di celanamu atau sprai tempat tidurmu? Eits, don’t worry! Hal ini wajar dialami hampir semua cewek yang pernah mengalami peristiwa “bocor” kok. Toh, nggak setiap kali kamu menstruasi terjadi kebocoran kan, Girls? Peristiwa ini sebenaarnya bisa dicegah, supaya kamu bebas dari ancaman “bocor” lho. Gimana caranya ya?

  • Rajin ganti pembalut

Hal pertama yang membuatmu mengalami “bocor” adalah pembalut yang udah terlalu penuh sampai nggak bisa menampung darah menstruasimu lagi, Girls. Nah, sebaiknya kamu sering memeriksa kondisi pembalutmu dan menggantinya setiap 4 jam, biar nggak terjadi kelembapan.

  • Pasang pembalut dengan benar

Kalau kamu nggak memasang pembalut dengan benar, pembalut cenderung akan bergeser dan darah menstruasi nggak jatuh ke pembalut, melainkan ke sisi celana dalammu, lalu merembes ke bajumu. Coba lakukan cara di bawah ini, supaya kamu bisa memasang pembalut dengan benar, Girls!

  1. Siapkan celana dalammu, rentangkan lebar bagian tengahnya.
  2. Lepaskan pelindung perekat pada pembalut, dan rekatkan dari ujung ke ujung pada bagian tengah celana dalammu.
  3. Rapatkan kedua sayap pembalut supaya sisi celana dalammu terlindung, dan rekatkan pada sisi bawah bagian tengah celana dalammu.
  • Jenis pembalut yang tepat

Sebaiknya kamu memahami pola perdarahan menstruasimu, Girls. Kapan aliran darah berubah menjadi sangat banyak atau yang dikenal dengan heavy flow, jadi kamu bisa menyesuaikan jenis pembalut yang bakal kamu pakai. Kalau aliran darahmu lagi banyak, coba pakai pembalut malam, karena bentuknya yang lebih panjang dan lebar akan melindungi area celana dalammu lebih baik, jadi nggak gampang bocor deh. Sedangkan kalau aliran darahmu semakin sedikit, kamu bisa memakai pembalut biasa, atau pantyliner berukuran panjang.

“Bocor” saat menstruasi cenderung dialami pas kamu baru menstruasi pertama atau menarche. Biasanya karena belum paham siklus menstruasi, jadi nggak siap pas menstruasi tiba-tiba datang. Supaya hal ini nggak terus-menerus terjadi, sebaiknya setelah mengalami menarche, kamu selalu membawa emergency kit kemana pun kamu pergi ya, Girls!

Yuk, bagikan artikel ini ke teman-teman kamu, Girls! Supaya mereka yang baru mengalami menstruasi bisa mempersiapkan emergency kit-nya!

Related Articles

First Timer
02 Oct 2019

Cari Tau Lebih Banyak Tentang Menarche yuk!

Girls, saat kamu menarche atau menstruasi pertama hal apa aja sih, yang udah kamu tau? Mungkin mama ...
First Timer
10 Oct 2019

Kram Menstruasi kok, Datang dan Pergi?

Walaupun terasa mengganggu, kram atau nyeri perut menjelang menstruasi kadang bisa jadi pertanda dat...
First Timer
22 Aug 2019

Duh, Keringat Bikin Nggak Nyaman!

Kalau lagi menstruasi pasti ada aja yang bikin kamu nggak nyaman. Mulai dari gejala PMS seperti nyer...