ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Keperawananku Ditentukan Selaput Dara?

Keperawananku Ditentukan Selaput Dara?

11 Oct 2019

Keperawananku Ditentukan Selaput Dara?

Topik tentang hymen atau selaput dara memang selalu jadi hal yang menarik untuk dibahas. Right, Girls? Mungkin kamu pernah mendengar kalau selaput yang ada di tengah saluran vagina akan robek saat seorang cewek melakukan hubungan seksual untuk pertama kalinya. Hmm...kira-kira pernyataan itu benar nggak ya? Nah, daripada bingung, berikut ini beberapa fakta tentang selaput dara yang perlu kamu tau, Girls!

  • Selaput dara bukan selaput yang rapat, karena selaput dara bentuknya tipis, berpori dan letaknya nggak jauh dari saluran vagina. Karena bentuknya yang berpori inilah yang membuat darah menstruasi dan cairan lain bisa lewat dan keluar dari vagina.
  • Selaput dara yang robek nggak selalu menandakan kalau seorang cewek udah nggak perawan. Keperawanan pada dasarnya adalah konsep sosial, dan seorang cewek bisa dibilang nggak perawan setelah melakukan hubungan seksual untuk pertama kalinya. Sedangkan dari sisi medis, selaput dara bisa rusak atau robek karena berbagai hal, seperti infeksi atau kecelakaan.
  • Selaput dara nggak selalu robek saat melakukan hubungan seksual pertama kali. Hal ini disebabkan karena selaput dara setiap cewek punya kelenturan yang berbeda-beda. Ada yang lentur banget, sehingga nggak rusak atau robek saat terjadi hubungan seksual dengan penetrasi.
  • Saat selaput dara robek, nggak selalu terjadi perdarahan. Pembuluh darah yang ada pada selaput ini relatif sedikit, sehingga kalau memang terjadi perdarahan nggak akan terlihat.

Sekarang kamu tau kan, kalau selaput dara itu bukan suatu hal yang menandakan keperawanan seorang cewek? Mulai sekarang kamu jangan sampai salah paham lagi ya! Yuk, share info ini ke teman-teman cewekmu supaya mereka tau fakta-fakta selaput dara ini! 

Related Articles

First Timer
01 Sep 2020

Apakah Aku Terkena Gejala Iritasi? Cek di Sini yuk!

Iritasi adalah kondisi yang sangat mengganggu dan membuatmu nggak nyaman saat beraktivitas. Gimana k...
First Timer
20 Sep 2019

Menstruasi yang Nggak Normal Itu Gimana sih?

Menstruasi yang terjadi pada setiap cewek itu berbeda-beda, begitu juga sama volume darah menstruasi...
First Timer
07 Oct 2022

Benarkah Kunyit Bisa Atasi Nyeri saat Menstruasi?

Kunyit merupakan salah satu rempah yang dipercaya memiliki banyak khasiat, salah satunya adalah untu...