Kenapa ya, Dadaku Nyeri Menjelang Menstruasi?
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Kenapa ya, Dadaku Nyeri Menjelang Menstruasi?

Kenapa ya, Dadaku Nyeri Menjelang Menstruasi?

12 Sep 2019

Kenapa ya, Dadaku Nyeri Menjelang Menstruasi?

Dalam istilah medis, rasa nyeri di daerah payudara disebut dengan mastalgia. Kondisi ini merupakan gejala umum yang dikeluhkan sama para cewek menjelang menstruasi. Sekitar 70% cewek dari berbagai usia pasti pernah mengalaminya. Hal ini sama sekali nggak ada hubungannya sama kanker yang sering dikhawatirkan lho, Girls! Karena kondisi ini cuma salah satu gejala yang berhubungan sama siklus menstruasi aja.

Nyeri payudara menjelang menstruasi sebenarnya gejala karena kelenjar ASI yang ada di dalam payudaramu lagi bereaksi terhadap hormon reproduksi yang meningkat. Kelenjar ASI bakal cenderung membesar karena mengandung air. Hal inilah yang membuat payudaramu jadi lebih sensitif dan nyeri saat disentuh. Kondisi ini sebenarnya akan mereda bersamaan dengan selesainya menstruasimu.

Walaupun mastalgia ini mereda secara alami, tapi selama menstruasi kondisi ini pasti mengganggu banget. Setuju nggak, Girls? Nah, supaya aktivitasmu nggak terganggu karena nyeri payudara ini, coba lakukan beberapa tips di bawah ini yuk!

  • Pakai bra yang bisa menyangga payudara dengan baik, supaya pas kamu banyak bergerak nggak menimbulkan rasa nyeri.
  • Kurangi konsumsi garam. Garam bisa memicu pengumpulan air, sehingga kalau dikonsumsi berlebihan malah bikin pengumpulan air di dalam payudaramu akan meningkat.
  • Kurangi konsumsi makanan yang mengandung kafein seperti kopi, teh, minuman bersoda dan cokelat karena efeknya sama seperti garam.
  • Perbanyak konsumsi makanan rendah lemak seperti buah-buahan, sayuran dan biji-bijian.
  • Menjaga berat tubuh tetap normal. Berat tubuh yang normal berpengaruh pada keseimbangan kadar hormon reproduksi. Kalau kadar hormon seimbang, maka reaksi semua organ tubuhmu jadi nggak terlalu ekstrem, Girls.
  • Konsumsi vitamin B6, B1 dan vitamin E atau obat pereda nyeri yang khusus untuk mengatasi nyeri menstruasi.

Sekarang kamu tau kan, apa penyebab dari rasa nyeri di daerah payudaramu menjelang menstruasi? Kalau kamu sering merasakan gejala ini, langsung aja lakukan tips-tips di atas supaya nyeri yang kamu rasakan nggak berlangsung lama, Girls. So, hari-harimu nggak bakal terganggu dan bisa bebas beraktivitas deh!

Kamu punya tips meredakan nyeri payudara selain di atas? Tulis di kolom komentar yuk! Jangan lupa juga share artikel ini ke teman-temanmu supaya mereka tau penyebab dari nyeri payudara dan cara mengatasinya!

Related Articles

First Timer
19 Nov 2019

Jangan Panik Sambut Menstruasi Pertama!

Saat kamu masuk masa remaja, pasti kamu mulai menantikan datangnya menstruasi, iya kan? Tapi ketika ...
First Timer
20 Sep 2019

Menstruasi Bisa Bikin Happy kok!

Menstruasi mungkin jadi waktu yang bikin nggak happy buat cewek. Bukan cuma karena sering merasakan ...
First Timer
10 Aug 2019

Malas Ganti Pembalut? Awas Kena TSS!

Girls, mengganti pembalut pas lagi menstruasi itu emang jadi hal yang penting banget untuk para cewe...