Kenapa Tubuhku Tumbuh Bulu?
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Kenapa Tubuhku Tumbuh Bulu?

Kenapa Tubuhku Tumbuh Bulu?

03 Sep 2019

Kenapa Tubuhku Tumbuh Bulu?

Sebelum memasuki masa puber, tubuh seorang cewek akan ditumbuhi sama bulu-bulu seperti di ketiak, sekitar vagina, dada, atau bahkan di wajahmu yang nantinya berbentuk kumis. Duh, kenapa jadi seperti cowok?! Pertumbuhan bulu-bulu yang berlebihan di tubuh dan wajah seorang cewek emang bikin nggak pede dan mengganggu banget deh! Benar kan, Girls? Hmm...kira-kira kenapa ya, kondisi ini bisa terjadi?

Dalam dunia medis, kondisi ini dikenal sebagai hirsutisme. Hirsutisme adalah pertumbuhan bulu atau rambut yang berlebih pada bagian atas bibir, dagu, jambang, dada, perut, lengan dan paha. Beberapa hal yang bisa menjadi faktor penyebabnya adalah hormon yang nggak seimbang, obesitas, pemakaian obat tertentu atau genetis.

Selain hormon estrogen dan progesteron, cewek juga punya hormon testosteron yang dikenal sebagai hormonnya para cowok. Nah, hormon ini seharusnya cuma sedikit dimiliki sama cewek. Karena kalau berlebihan bisa memengaruhi estrogen, dan akhirnya terjadilah hirsutisme. Kondisi hirsutisme genetis atau yang udah ada sejak lahir, bukan hal yang perlu kamu cemaskan, Girls! Tapi kalau kamu tiba-tiba mengalaminya, bisa jadi itu tanda adanya gangguan ovarium polikistik (PCOS).

PCOS (Polycystic ovary syndrome) adalah kondisi adanya pertumbuhan kista-kista di ovarium yang merupakan salah satu gangguan reproduksi yang serius. Kalau kamu mengalami hirsutisme yang datang tiba-tiba, lebih baik langsung periksakan diri ke dokter supaya mendapat penanganan yang tepat seperti terapi hormonal.

Nah, untuk merapikan bulu-bulu di bagian tubuhmu yang mungkin terlihat, coba lakukan cara-cara di bawah ini yuk, Girls!

  • Jangan merapikan bulu memakai alat cukur, karena justru akan membuat bulu tumbuh lebih kasar dan semakin jelas terlihat.

  • Pakai alat pencabut bulu, tapi sebelumnya kompres area yang akan dicabut bulunya dengan kompresan panas. Hal ini dilakukan supaya pori-pori kulit terbuka dan bisa mengurangi rasa nyeri akibat dari pencabutan bulu.

  • Waxing dengan lilin adalah cara yang efektif karena bisa mencabut bulu sampai ke akarnya.

  • Alat elektrolisa. Metode ini bisa dilakukan untuk menghilangkan bulu secara permanen. Tapi praktek ini perlu keahlian khusus, jadi lebih baik dilakukan sama dokter ahli kulit.

Gampang banget kan, Girls? Kalau kamu tau cara membersihkan bulu-bulu dengan benar supaya nggak terlihat sama orang lain, pasti kamu jadi lebih percaya diri deh! Ingat ya, kalau kamu tiba-tiba mengalami hirsutisme, sebaiknya segera ke dokter untuk memeriksakan kondisimu. Jangan anggap sepele, ok?

Ajak teman-temanmu untuk baca artikel ini yuk, supaya mereka juga tau tentang info ini!

Related Articles

First Timer
16 Aug 2019

3 Kriteria Pembalut yang Aman Dipakai

Setiap cewek pasti selalu pakai pembalut pas lagi menstruasi. Makanya, pembalut jadi salah satu bend...
First Timer
26 Aug 2019

Hah?! Umur Segini Udah Menstruasi?

Girls, masih ingat nggak kapan pertama kali kamu menstruasi? Kalau menstruasi pertamamu (menarche) t...
First Timer
09 Oct 2020

Apakah Hormon Memengaruhi Nafsu Makanku Saat Menstruasi?

 Perubahan hormon yang terjadi menjelang dan saat menstruasi biasanya akan memberikan banyak da...