Kenapa Tanggalnya Nggak Selalu Sama Tiap Bulan?
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Kenapa Tanggalnya Nggak Selalu Sama Tiap Bulan?

Kenapa Tanggalnya Nggak Selalu Sama Tiap Bulan?

12 Dec 2019

Kenapa Tanggalnya Nggak Selalu Sama Tiap Bulan?

Kalau kamu sayang dengan tubuhmu, pastinya kamu akan lebih aware sama kesehatan reproduksimu juga kan, Girls? Salah satu tanda kalau sistem reproduksimu sehat adalah menstruasi yang terjadi secara teratur. Makanya, nggak heran kalau kamu merasa panik, karena tiba-tiba menstruasi datang di tanggal yang nggak sama seperti bulan lalu. Hmm…kamu harus tau nih, Girls, siklus menstruasi cewek itu terjadi berdasarkan siklus, jadi nggak selalu berlangsung setiap tanggal yang sama di setiap bulan kok.

Hal yang dimaksudkan dengan siklus menstruasi adalah jarak atau banyaknya hari dari satu menstruasi ke menstruasi berikutnya. Setiap cewek memiliki siklus menstruasinya, jadi nggak sama dengan cewek lain. Jadi kamu nggak bisa membandingkan dirimu dengan teman sekelas, misalnya. Berdasarkan data medis, kebanyakan cewek mengalami siklus menstruasi 28 hari, tapi ada juga yang 24 hari, 30 hari, atau bahkan 35 hari.

Siklus menstruasi yang paling pendek berulang setiap 15 hari, dan yang paling panjang berulang setiap 45 hari. Siklus yang nggak teratur itu biasa kok terjadi pada cewek yang baru saja mengalami menstruasi. Tubuh kamu butuh waktu untuk melakukan penyesuaian pada kebiasaan baru. Jadi, bisa aja siklus menstruasi kamu adalah 28 hari selama 3 bulan, tapi tiba-tiba berubah pada bulan berikutnya, atau malah nggak menstruasi selama sebulan. Setelah beberapa tahun, siklus ini akan semakin teratur. Hal yang pasti, setelah berusia akhir 18 tahun, barulah menstruasi berlangsung berdasarkan siklus yang tetap.

So, udah jelas kan, Girls, faktor penyebab menstruasi nggak selalu sama tanggalnya? Jangan panik lagi ya, Girls. Sebaiknya kamu selalu mencatat siklus menstruasimu, supaya nggak kaget lagi pas menstruasi di siklus berikutnya.

Yuk, ajak teman yang lain buat baca artikel ini, Girls! Supaya mereka juga bisa mengetahui factor kenapa tanggal menstruasi nggak selalu sama tiap bulannya.

Related Articles

First Timer
05 Dec 2019

Kok, Bisa Tembus sih?

Hal yang paling bikin khawatir pas lagi menstruasi adalah noda darah menstruasi yang tembus ke celan...
First Timer
27 Nov 2019

Masa Subur Itu Apa sih?

Girls, kamu tau nggak, sebenarnya ada makna lain dibalik masa pubermu? Setelah kamu mengalami peruba...
First Timer
16 Dec 2019

I am a Big Girl

Kalau dulu sebelum puber tubuhmu masih biasa-biasa aja, tapi setelah mengalami masa puber tubuhmu ud...