Kenapa sih, Pencernaanku Terganggu Pas Menstruasi?
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Kenapa sih, Pencernaanku Terganggu Pas Menstruasi?

Kenapa sih, Pencernaanku Terganggu Pas Menstruasi?

14 Aug 2019

Kenapa sih, Pencernaanku Terganggu Pas Menstruasi?

Girls, menstruasi adalah salah satu hal yang menandakan kalau tubuhmu memiliki kesehatan reproduksi yang baik. Tapi kamu pernah nggak sih, mengalami gangguan pencernaan pas lagi menstruasi? Terus apa hubungannya antara menstruasi dan sistem pencernaan? Ternyata perubahan hormon dalam tubuhmu bisa memicu terjadinya gangguan pencernaan lho, Girls! Beberapa gangguan pencernaan yang biasanya dialami para cewek adalah kembung, susah BAB atau diare. Kira-kira kenapa ya, hal itu bisa terjadi?

  • Kembung dan susah BAB

Di mulai dari kadar estrogen yang meningkat sangat cepat untuk mematangkan sel telur. Setelah sel telur dilepaskan indung telur, tubuhmu akan memproduksi progesteron yang sangat tinggi, lalu pelan-pelan kadarnya semakin turun menjelang menstruasi. Naik turunnya kedua hormon inilah yang bisa memicu pengumpulan gas dan mengakibatkan perut terasa kembung, lalu susah BAB. Kadar hormon progesteron yang rendah bisa menyebabkan gerakan otot usus untuk mendorong kotoran ke saluran pembuangan jadi nggak optimal.

  • Diare

Setelah menstruasi dimulai, tubuhmu akan memproduksi prostaglandin. Selama menstruasi, hormon prostagladin ini bisa memicu kontraksi rahim untuk meluruhkan selaput dinding di dalam rahim. Prostaglandin sering diproduksi sangat banyak, jadi bisa memengaruhi kerja sistem pencernaan dan menyebabkan diare. Otot-otot halus akan lebih sering bergerak karena hormon prostagladin ini. Sehingga, rasa ingin BAB lebih sering terasa.

Walaupun dipicu sama hormon yang merupakan bagian dari proses menstruasi, bukan berarti kamu nggak bisa mengatasi gangguan pencernaan ini lho. Coba lakukan beberapa hal di bawah ini yuk, supaya kamu bisa mengatasinya!

  • Mengonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung serat, seperti gandum dan sayuran.

  • Mengurangi asupan gula, kafein, susu dan produk olahan lainnya serta hindari makanan yang terlalu pedas.

  • Lakukan kegiatan meditasi atau yoga. Kalau kondisi tubuhmu relaks, maka bisa mengurangi gangguan sistem pencernaan.

  • Konsumsi cukup air. Saat kondisi kembung dan susah BAB, air akan membantu mengurangi ketegangan usus. Kalau dalam kondisi diare, air akan membuat tubuhmu terhidrasi dan tetap segar.

Tenang aja, Girls! Biasanya pada hari ketiga menstruasi, gangguan pencernaan bakal hilang karena kondisi hormon yang udah stabil. So, kamu nggak bakalan berlama-lama merasakan gangguan pencernaan ini.

Sekarang kamu jadi tau kan, kenapa gangguan pencernaan bisa terjadi saat kamu menstruasi? Hal ini ternyata berhubungan sama hormon reproduksimu yang berubah-ubah selama menstruasi. Kalau kamu udah merasakan gejala dari gangguan pencernaan, lakukan aja empat hal di atas, Girls!

Jangan lupa ajak teman-temanmu untuk baca artikel ini ya, supaya mereka tau kenapa gangguan pencernaan bisa terjadi saat menstruasi!

Related Articles

First Timer
12 Nov 2021

Ampuh! Atasi Anemia dengan Zat Besi Saat Menstruasi 

Hai, girls! Siapa nih di sini yang sering banget dihantui oleh gejala PMS menjelang menstruasi ataup...
First Timer
02 Oct 2019

Cari Tau Lebih Banyak Tentang Menarche yuk!

Girls, saat kamu menarche atau menstruasi pertama hal apa aja sih, yang udah kamu tau? Mungkin mama ...
First Timer
10 Oct 2019

Kram Menstruasi kok, Datang dan Pergi?

Walaupun terasa mengganggu, kram atau nyeri perut menjelang menstruasi kadang bisa jadi pertanda dat...