Penyebab Haid Tidak Lancar
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Kenapa sih, Menstruasiku Tidak Lancar?

Kenapa sih, Menstruasiku Tidak Lancar?

14 Dec 2019

Kenapa sih, Menstruasiku Tidak Lancar?

Ngaku deh, Girls, kalau awalnya menstruasimu teratur terus tiba-tiba jadi tidak teratur, pasti kamu langsung panik kan? Apalagi ditambah sama darah haid yang sedikit, pasti paniknya makin berkali-kali lipat! Duh, kondisi ini apakah mengganggu kehamilan?

Keep calm, Girls! Sebenarnya siklus menstruasi itu tidak selalu terjadi di tanggal yang sama setiap bulannya lho. Siklus menstruasi adalah jumlah hari yang terhitung sejak hari pertama mengalami menstruasi, sampai ke hari pertama menstruasi selanjutnya.

Perlu kamu tau nih, Girls, kalau siklus menstruasi setiap cewek itu beda-beda. Menurut fakta medis, menstruasi yang paling pendek adalah 21 hari, dan yang paling panjang bisa terjadi setiap 35 hari. Terus gimana kalau jumlah harinya selalu berubah? Misalnya, menstruasi kali ini berulang setelah 30 hari, tapi menstruasi sebelumnya berulang setelah 23 hari.

Tak perlu takut, Girls! Kondisi menstruasi tidak lancar pada remaja itu memang tergolong normal, karena umurmu belum lebih dari 20 tahun. So, kondisi ini bukan suatu penyakit yang bisa mengganggu kehamilanmu! Tapi, kalau umurmu udah lebih dari 20 tahun, siklus menstruasimu akan teratur dengan sendirinya kok. Pastikan aja kamu selalu menjaga asupan nutrisi dengan baik, rajin berolahraga, menghindari stres dan istirahat yang cukup.

Kalau misalnya umurmu udah lebih dari 20 tahun dan siklus menstruasimu masih belum teratur juga, maka ada beberapa kondisi penyebab haid tidak teratur yang bikin siklus menstruasi berubah tiba-tiba, yaitu:

Salah hitung

Sebaiknya kamu menghitung dengan benar siklus menstruasimu supaya tidak akan cemas kalau tanggal hari pertama menstruasimu bergeser. Coba pakai aplikasi kalender menstruasi yang praktis dan selalu ngasih reminder, kayak “Menstrual Diary” punya Laurier!

Terlalu kurus

Kalau berat badan seorang cewek terlalu jauh dari berat yang disarankan sama BMI, maka otaknya cenderung mengirimkan pesan pada sistem reproduksi kalau tubuh lagi tidak fit, jadi proses reproduksi tidak bakalan terjadi. Makanya, sangat disarankan supaya selalu memastikan berat tubuh untuk mencapai anjuran minimal BMI.

PCOS

Tubuh penderita PCOS dapat memproduksi jenis hormon yang lebih dibanding dari kadar yang dibutuhkan tubuh. Kondisi ini bikin kadar hormon tidak seimbang, sehingga tidak terjadi menstruasi.

Penggunaan kontrasepsi

Di awal masa penggunaan kontrasepsi hormonal, mau yang berupa pil, suntik atau susuk, terjadi perubahan komposisi hormon reproduksi yang bikin siklus menstruasi jadi berubah. Tubuh perlu periode penyesuaian supaya bisa mengatur siklus menstruasinya kayak normal lagi. Gangguan menstruasi juga bisa terjadi kalau kontrasepsi hormonal tidak dipakai sesuai yang semestinya, misalnya: terlewat mengonsumsi pil.

Obat-obatan

Ternyata ada jenis obat-obatan, terutama jenis obat penenang untuk penderita depresi, yang bisa mengganggu siklus menstruasi. Kalau kamu mengonsumsi jenis obat-obatan ini, sebaiknya konsultasi dengan dokter supaya dapat solusi yang baik untuk kesehatanmu juga.

Perdarahan

Kamu pernah mengalami menstruasi sebelum waktunya? Bisa aja itu bukan menstruasi lho, tapi perdarahan di vaginamu. Biasanya hal ini disebabkan karena luka, infeksi atau gangguan pembekuan darah, walaupun sebenarnya ini relatif jarang.

Setelah kamu baca penjelasan tentang haid ini, kamu jadi tau kan, kalau ternyata penyebab haid tidak teratur itu banyak banget. Mulai dari yang tidak serius karena salah hitung, sampai ke yang parah kayak infeksi misalnya. Jangan pernah mencoba untuk mengatasinya sendiri dengan meminum obat haid yang kamu tidak tau efek sampingnya bagi tubuhmu! Sebaiknya, segera periksa ke dokter kandungan supaya kamu mendapatkan info yang lebih jelas tentang kondisimu.

Kamu pernah mengalami menstruasi yang tidak lancar dan tidak teratur? Tulis cerita kamu di kolom komentar yuk! Jangan lupa share juga artikel ini ke teman-teman dekatmu, supaya mereka tidak cemas sama menstruasinya lagi!

Related Articles

First Timer
12 Nov 2021

Obat yang Bisa Dikonsumsi Saat Menstruasi Tidak Teratur

Hai, girls! Menstruasi jadi salah satu kodrat wanita karena secara normal, wanita akan mengalami men...
First Timer
17 Jun 2019

Berat Badan Ada Hubungannya Sama Siklus Menstruasi?

Setiap cewek pasti bakalan takut kalau berat badannya bertambah, benar nggak, Girls? Biasanya karena...
First Timer
20 Jun 2019

Selamat Datang Masa Remaja!

Girls, coba deh, kamu iseng bolak-balik lagi album fotomu. Lihat foto-foto pas kamu masih kecil samp...