Kenapa sih, Area Vaginaku Gatal Pas Mau Menstruasi?
ask dr laurier

Kenapa sih, Area Vaginaku Gatal Pas Mau Menstruasi?

Kenapa sih, Area Vaginaku Gatal Pas Mau Menstruasi?

19 Aug 2019

Kenapa sih, Area Vaginaku Gatal Pas Mau Menstruasi?

Beberapa hari menjelang menstruasi biasanya para cewek bakal mengeluh sakit perut, moody, mual dan selera makan jadi hilang. Benar nggak, Girls? Nggak cuma itu aja, ada juga yang mengeluh karena kulit di area vaginanya gatal. Kondisi ini ternyata bisa disebabkan karena beberapa hal yang berhubungan sama kelembapan, seperti di bawah ini:

  • Perubahan pH

Hormon reproduksi yang lagi naik turun menjelang menstruasi ternyata bisa menyebabkan kulit di area vaginamu kering lho! Kulit di area vagina adalah kulit yang paling tipis di seluruh tubuh. Jadi, kalau kulit di area vaginamu yang tipis dan kering itu bergesekan pas kamu bergerak, maka bisa memicu munculnya rasa gatal. Tapi, kamu nggak perlu khawatir! Rasa gatal karena perubahan pH bakal hilang setelah menstruasi kok. Kamu juga harus ingat, jangan pernah menggaruk kulit di area vaginamu yang gatal! Karena hal ini bakal menimbulkan luka yang bisa berkembang jadi ruam dan infeksi.

  • Bakteri vaginosis

Bersamaan dengan pH yang nggak seimbang di area vagina, maka besar kemungkinan ada risiko terjadinya infeksi bakteri vaginosis yang menyebabkan rasa gatal. Biasanya infeksi bakteri ini dibarengi sama banyaknya keputihan yang diproduksi tubuhmu yang membuat area vaginamu terasa lembap, beraroma tajam dan peradangan.

  • Infeksi jamur

Jenis infeksi lain yang bisa memicu area vaginamu gatal menjelang menstruasi adalah infeksi jamur kandidiasis. Saat pH di area vaginamu berubah, kulit menjadi kering dan nantinya bakal berubah lagi menjadi lembap, karena produksi cairan vagina yang berlebih. Jamur yang ada di permukaan kulit biasanya berkembangbiak lebih banyak dan membuat kulit di area vagina menjadi infeksi. Kondisi ini menyebabkan kulit kemerahan, gatal, keputihan berwarna kehijauan atau kental seperti keju, dan bau nggak sedap.

  • Iritasi

Iritasi bisa terjadi karena gesekan antar kulit, misalnya kulit dengan celana atau pembalut. Makanya, kulit jadi kemerahan dan gatal. Jangan menggaruk area kulit vagina yang teriritasi, karena saat ada luka terbuka, dan kulit lembap yang disebabkan sama cairan vagina yang terlalu banyak diproduksi tubuhmu, malah bisa memicu gangguan kulit yang serius. Kondisi ini bisa diatasi kalau kamu memilih pembalut yang tepat, yaitu pembalut yang nggak cuma bisa menampung cairan menstruasi, tapi juga menjaga kesehatan kulit di area vaginamu seperti pembalut Laurier Healthy Skin! Pembalut ini memiliki permukaan 3D pori bergelombang, sehingga bisa meningkatkan 80% sirkulasi udara ke area permukaan kulit di area vagina. Makanya pembalut akan tetap kering, kulit bebas lembap dan terhindar dari iritasi.

Hal yang perlu diingat supaya kamu terhindar dari gatal-gatal menjelang menstruasi adalah kamu harus selalu menjaga kebersihan dan kesehatan area vaginamu. Pastikan kulitmu selalu bersih dan nggak lembap. Selain itu, jangan menggaruk area yang gatal dan mengobati sendiri tanpa resep dokter, supaya nggak terjadi gangguan yang lebih serius. Kalau terjadi gejala yang nggak biasa, lebih baik segera periksakan diri ke dokter ya, Girls, supaya kamu mendapat penanganan yang lebih tepat!

Yuk, share artikel ini ke teman-temanmu supaya mereka tau sebab dari area vaginanya yang gatal!

Related Articles
First Timer
23 Aug 2019

Trik Simple Bersihkan Noda Bekas Tembus

Mengalami kejadian tembus pas menstruasi memang hal yang nggak menyenangkan banget. Kadang hal ini b...
First Timer
22 Nov 2019

Sariawan Pas PMS, Nyebelin Banget!

Kamu pasti udah nggak asing lagi sama gangguan menstruasi yang tiba-tiba muncul seperti jerawatan, m...
First Timer
25 Sep 2019

Lengkapi Catatan Menstruasimu yuk!

Kamu udah punya catatan menstruasi belum, Girls? Nah, sekarang ini cewek disarankan banget untuk mem...