Kenapa Selalu Lembap dan Basah?
ask dr laurier

Kenapa Selalu Lembap dan Basah?

Kenapa Selalu Lembap dan Basah?

01 Oct 2019

Kenapa Selalu Lembap dan Basah?

Girls, kamu tau nggak sih, ternyata setiap hari vaginamu akan mengeluarkan cairan lho! Eits, tapi kamu nggak perlu khawatir karena itu hal yang normal kok. Cairan yang keluar dari tubuhmu atau yang dikenal sebagai cairan vagina punya fungsi untuk menjaga kebersihan dan kesehatan vaginamu. Cairan vagina adalah bagian dari sistem pembersihan diri tubuhmu yang secara otomatis terjadi. Jadi, sebenarnya nggak perlu usaha yang lebih, vaginamu juga udah terjaga kesehatannya.

Walaupun begitu, kamu tetap perlu melakukan beberapa hal di bawah ini untuk mendukung fungsi cairan vagina dalam menjaga kesehatan dan kebersihan vaginamu nih, Girls. Kira-kira apa aja ya?

  • Pastikan untuk membersihkan bagian luar vagina dengan air bersih setiap kali selesai BAK atau BAB.

  • Arah gerakan saat membersihkan vagina yang baik adalah dari depan ke belakang. Hal ini dilakukan supaya kotoran atau bakteri yang ada di saluran pembuangan nggak berpindah ke area vagina.

  • Setelah dibersihkan dengan air, keringkan vaginamu sampai nggak ada bagian yang lembap. Lakukanlah hal yang sama setelah kamu mandi, berenang atau berolahraga. Karena kalau area vaginamu lembap, justru bisa memicu pertumbuhan bakteri, jamur atau virus di permukaan kulit dan akhirnya terjadi infeksi.

  • Jangan gunakan pakaian yang ketat. Pakailah celana dalam dari bahan yang bisa menyerap keringat seperti katun. Pakaian yang ketat dan celana dalam yang nggak bisa menyerap keringat bisa memicu kelembapan, sehingga akan terjadi peningkatan bakteri, jamur dan virus di area vaginamu.

So, jangan heran kalau area vaginamu nggak pernah kering ya, Girls! Karena ada cairan vagina yang akan selalu diproduksi oleh tubuhmu. Kamu tinggal pastikan aja supaya area vaginamu nggak lembap dengan cara memakai pantyliner. Benda kecil yang mirip sama pembalut ini dibuat untuk menyerap cairan di luar masa menstruasimu. Pantyliner juga wajib kamu ganti setiap empat jam sekali, dan jangan dipakai pas malam hari ya, Girls.

Ajak teman-temanmu untuk baca artikel ini yuk, supaya mereka tau info tentang ini!

Related Articles
First Timer
04 Dec 2019

My First Period

Pertama kali mendengar kata ‘menstruasi’ kamu langsung takut nggak, Girls? Kalau iya, me...
First Timer
09 Aug 2019

8 Cara Atasi Nyeri Payudara Pas PMS

Girls, kamu pernah nggak mengalami nyeri payudara menjelang menstruasi? Ternyata nyeri payudara ini ...
First Timer
18 Dec 2019

Pemicu Kembung Menjelang Menstruasi

Menjelang menstruasi kamu pernah merasa tiba-tiba kembung nggak, Girls? Kalau iya, kamu nggak perlu ...