Duh, Kenapa Pas PMS Selalu ada “Pengganggu”?
ask dr laurier

Duh, Kenapa Pas PMS Selalu ada “Pengganggu”?

Duh, Kenapa Pas PMS Selalu ada “Pengganggu”?

14 Jan 2020

Duh, Kenapa Pas PMS Selalu ada “Pengganggu”?

Setiap menjelang menstruasi, hampir sebagian besar cewek kedatangan ‘pengganggu’ atau yang biasa disebut Premenstrual Syndrome (PMS). Kamu pasti udah nggak heran kan, kenapa PMS dibilang sebagai ‘pengganggu’, karena kondisi ini bikin kamu nggak nyaman selama beraktivitas, iya kan, Girls? Gejala ini biasanya muncul beberapa hari menjelang menstruasimu. Eits, tapi kamu nggak perlu cemas, gangguan ini bisa diatasi kok!

Beberapa hari sebelum menstruasi, sekitar 70% - 90% cewek, memang diperkirakan mengalami sedikit gangguan secara fisik dan psikis. Bisa dibilang kacau luar dalam deh. Tapi menurut beberapa penelitian, cuma 10 - 20 persennya saja yang benar-benar terganggu sampai nggak bisa melakukan aktivitas mereka. Sementara yang lainnya, meskipun merasa terganggu, tetap masih bisa beraktivitas seperti biasa. Seperti kamu yang masih tetap bisa pergi ke sekolah, ikut les, atau jalan-jalan sama teman.

Perubahan atau beberapa gejala ini, biasanya bakal kamu alami sekitar 5 hari sebelum menstruasi. Misalnya perut jadi kembung, payudara terasa lebih kencang dari biasanya dan kadang terasa sakit. Selain itu, berat badan juga bertambah, jadi  kamu jangan langsung panik kalau melihat timbanganmu bergeser jadi lebih berat, gampang stres, gelisah, gampang capek, bahkan nggak bisa tidur nyenyak.

Memang nggak ada satu pun penelitian yang bisa memastikan kenapa seseorang bisa mengalami PMS. Tapi kemungkinan terbesar adalah karena perubahan hormon pada tubuhmu. Buat menyiasatinya, kamu bisa lakukan tips ini:

  1. Rajin olahraga, bukan cuma bikin badan jadi sehat dan keren, tapi ternyata juga bisa mengurangi kadar PMS, bikin menstruasi kamu  jadi lebih teratur dan mengurangi rasa sakit saat menstruasi. Daripada duduk bengong, mendingan jalan sama teman-teman. Hal ini bakal bikin kamu jadi lebih happy dan lupa deh sama rasa sakit yang ada.
  2. Kalau biasanya kamu suka banget makan french fries atau makanan yang asin-asin, sebaiknya kurangi dulu ya, Girls. Soalnya garam bisa menyebabkan perut jadi kembung dan mual.
  3. Jangan lupa minum susu, karena kandungan kalsium dalam susu, dipercaya bisa mengurangi efek PMS. Tapi,kurangi juga mengonsumsi kopi ya, Girls, karena minuman yang mengandung kafein malah bisa bikin mood kamu jadi makin nggak karuan.
  4. Girls, sebaiknya kamu jangan diet. Justru  kamu harus makan dengan benar dalam porsi yang juga benar. Jangan terlalu berlebih, tapi juga jangan terlalu sedikit. Dalam kondisi PMS kayak gini, biasanya kamu suka ngerasa lemas dan gampang capek. Jadi, kamu butuh makanan yang cukup dan tentu saja bergizi.
  5. Kalau mood kamu lagi nggak karuan, memutar lagu mp3 penyanyi favorit kamu, jadi hal penting yang nggak boleh ketinggalan. Pilih lagu yang memang kamu sukai. Kalau kamu lagi nge-drop, pilih lagu yang beat-nya cepat, kayak Firework-nya Katy Perry. Tapi kalau lagi kesel banget sama pacar atau teman, mendingan pilih lagu yang lebih slow.

Nah, sampai sini udah paham kan, Girls, kenapa selalu ada pengganggu menjelang menstruasimu? kalau kamu mengalami kondisi ini, kamu bisa lakukan tips di atas untuk mengurangi rasa sakit dari gangguan yang kamu rasakan ya, Girls!

Yuk, ajak teman-teman kamu baca artikel ini, Girls! Supaya mereka juga bisa mengetahui tips atasi gejala yang mengganggu mereka saat menjelang menstruasinya.

Related Articles
First Timer
10 May 2021

Boleh Gak Sih Terima Vaksin Covid-19 Pas Lagi Menstruasi?

Hai girls, sebentar lagi kita semua bakal menerima vaksin Covid-19 dari pemerintah lho! Tapi mungkin...
First Timer
27 Nov 2019

Fakta Dibalik Mitos Tentang Masa Puber

Girls, seiring dengan pertumbuhan fisik yang kamu alami di masa puber, pasti banyak perubahan yang t...
First Timer
16 Aug 2019

3 Kriteria Pembalut yang Aman Dipakai

Setiap cewek pasti selalu pakai pembalut pas lagi menstruasi. Makanya, pembalut jadi salah satu bend...