Kenapa Harus Pakai Pantyliner?
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Kenapa Harus Pakai Pantyliner?

Kenapa Harus Pakai Pantyliner?

03 Sep 2019

Kenapa Harus Pakai Pantyliner?

Zaman sekarang ini kesadaran cewek soal kesehatan tubuhnya semakin meningkat, termasuk kesehatan reproduksi. Hal ini bisa dilihat dari semakin banyaknya cewek yang rajin memakai pantyliner. Kamu udah tau belum apa itu pantyliner? Pantyliner adalah benda yang kelihatannya mirip pembalut, tapi ukurannya lebih kecil dan tipis. Pantyliner ini berfungsi untuk menyerap cairan vagina yang berlebih. Tapi sayangnya, ada juga yang belum terbiasa memakai pantyliner karena masih menganggap hal ini nggak terlalu penting.

Sebenarnya, penggunaan pantyliner ini penting lho, Girls! Karena setiap hari tubuhmu akan memproduksi cairan vagina atau biasa disebut sebagai keputihan. Cairan vagina ini adalah bagian dari sistem kesehatan reproduksi yang berfungsi membersihkan saluran vagina dan membawa keluar benda asing yang masuk ke dalamnya. Tapi, produksi cairan vagina ini bisa bikin area vaginamu jadi lembap dan lengket. Karena itulah kamu memerlukan pantyliner untuk menyerap cairan vaginamu yang keluar. Selain itu, ada juga tiga alasan yang bikin kamu perlu pakai pantyliner. Hmm...kira-kira apa aja ya?

  • Di usia remaja, menstruasi sering nggak teratur. Nah, daripada kamu malu mengalami tembus karena darah menstruasi yang keluar tiba-tiba, mending pakai pantyliner supaya darah menstruasi nggak kena celana atau rokmu, Girls.
  • Sebelum menstruasi berakhir, darah yang keluar cenderung sedikit atau biasa disebut sebagai flek. Kalau udah tinggal flek-flek menstruasi, para cewek biasanya malas memakai pembalut. Solusi terbaiknya adalah kamu bisa pakai pantyliner supaya flek-flek tersebut nggak mengotori celana dalammu.
  • Pada saat kamu berolahraga tubuhmu akan menghasilkan keringat, sehingga area di sekitar vaginamu juga ikut berkeringat. Area vaginamu pasti akan terasa lembap dan nggak nyaman. Kalau kamu pakai pantyliner, kamu akan terhindar dari rasa nggak nyaman.

Nah, di bawah ini ada tips supaya kamu tetap nyaman saat memakai pantyliner sepanjang hari. Gimana ya, caranya?

  • Pastikan pantyliner yang kamu pilih nggak mengandung lapisan plastik dan berpori, sehingga sirkulasi udara ke area vaginamu tetap terjaga.
  • Ganti pantyliner minimal empat jam sekali. Karena kalau dipakai terlalu lama bisa membuat jamur, bakteri atau virus di kulitmu menjadi patogen (merusak kulit).
  • Jangan memakai pantyliner di malam hari.
  • Cuci tanganmu sebelum mengganti pantyliner supaya kesterilannya tetap terjaga.

Sekarang kamu paham kan, kenapa pantyliner adalah salah satu benda yang kamu butuhkan? Benda kecil dan tipis ini nggak kalah pentingnya dari pembalut. Karena kalau tubuhmu lagi berlebihan memproduksi cairan vagina, pantyliner bisa membantu banget supaya celana dalammu tetap bersih dan area vaginamu nggak lembap. So, jangan lupa untuk membawa pantyliner dalam emergency kit-mu ya, supaya kamu bisa beraktivitas dengan nyaman, Girls!

Ajak teman-temanmu untuk baca artikel ini yuk, supaya mereka rajin pakai pantyliner!

Related Articles

First Timer
16 Dec 2019

Asal Usul Jerawat Menstruasi

Girls, kamu kepo nggak sih, kenapa setiap kali memasuki masa periode menstruasimu, jerawat selalu sa...
First Timer
06 Dec 2019

Menstruasi VS Puasa

Girls, Kalau berdasarkan aturan agama islam, cewek yang sedang menstruasi memang dilarang berpuasa, ...
First Timer
07 Oct 2022

Benarkah Kunyit Bisa Atasi Nyeri saat Menstruasi?

Kunyit merupakan salah satu rempah yang dipercaya memiliki banyak khasiat, salah satunya adalah untu...