ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Kenapa Cuma Aku yang Berbeda?

Kenapa Cuma Aku yang Berbeda?

14 Oct 2019

Kenapa Cuma Aku yang Berbeda?

Kamu sering nggak sih, merasa panik karena kondisi menstruasimu berbeda sama teman-teman cewekmu? Misalnya, menstruasi mereka selalu teratur dan tepat berulang di tanggal yang sama, tapi kamu nggak. Hmm….sebenarnya kamu nggak perlu worry sama hal ini lho! Karena setiap cewek itu pasti berbeda dan menstruasi terjadi sesuai sama kondisi tubuh masing-masing, Girls.

Setiap cewek akan mengalami menstruasi dengan siklus dan gejala yang berbeda-beda. Ada yang butuh waktu bertahun-tahun sampai siklus menstruasinya teratur, tapi ada juga yang udah teratur dari pertama kali menstruasi. Durasi dan volume darah yang keluar juga berbeda. So, setiap cewek itu memang unik!

Nyeri perut yang dialami sebagian cewek saat menstruasi itu bisa terjadi karena otot perut yang menegang setelah berkontraksi mengeluarkan darah dari dalam rahim. Kondisi ini juga nggak dirasakan sama semua cewek, Girls. Kram sebenarnya bisa dialami kapan aja sepanjang siklus reproduksi seorang cewek. Bahkan pada sebagian cewek, nyeri perut akibat kram ini justru dialami pada saat ovulasi.

Selain nyeri, gejala yang umum dialami adalah perubahan mood. Biasanya ini terjadi dua minggu atau seminggu sebelum menstruasi. Sebagian cewek ada yang menjadi sensitif, pemarah dan murung. Nah, sebagiannya lagi malah sama sekali nggak mengalami hal tersebut.

Hal penting yang perlu kamu ingat adalah, jangan jadikan temanmu sebagai patokan untuk menstruasimu! Karena kondisi mereka pasti berbeda dari dirimu, Girls. Kalau memang kamu masih merasa bingung, kamu bisa tanyakan ke ibumu seperti apa kondisinya saat mengalami menstruasi. Karena kemungkinan apa yang kamu alami saat ini, hampir sama seperti apa yang terjadi pada ibumu saat masih remaja. Nah, mulai sekarang jangan mencemaskan perbedaan kondisi menstruasimu dengan temanmu ya! So, be confident, Girls!

Yuk, ajak teman-temanmu untuk baca artikel ini supaya mereka nggak worry lagi dengan perbedaan kondisi menstruasinya!

Related Articles

First Timer
07 Oct 2022

Benarkah Kunyit Bisa Atasi Nyeri saat Menstruasi?

Kunyit merupakan salah satu rempah yang dipercaya memiliki banyak khasiat, salah satunya adalah untu...
First Timer
04 Dec 2019

Bebas Mual Menstruasi

Girls, mual memang udah menjadi salah satu gejala pra-menstruasi atau PMS. Kondisi ini bisa membuatm...
First Timer
11 Oct 2019

Keperawananku Ditentukan Selaput Dara?

Topik tentang hymen atau selaput dara memang selalu jadi hal yang menarik untuk dibahas. Right, Girl...