‘Kecelakaan’ di Sekolah
ask dr laurier

‘Kecelakaan’ di Sekolah

‘Kecelakaan’ di Sekolah

04 Sep 2019

‘Kecelakaan’ di Sekolah

Girls, kamu sering nggak sih, melihat temanmu ‘kecelakaan’ pas menstruasi di sekolah? Duh, pasti langsung takut hal itu terjadi sama kamu deh! Memang ‘kecelakaan’ pas menstruasi ini bisa terjadi sama para cewek, terutama pas kamu nggak tau kalau menstruasi datang tiba-tiba. Hmm...terus harus gimana dong?

Di tahun-tahun pertama menstruasi, siklus menstruasimu memang belum teratur jadi nggak bisa dipastikan secara tepat. Hal ini dikarenakan tubuhmu masih dalam proses pertumbuhan, termasuk organ reproduksimu. Sebenarnya saat menstruasi hari pertama, darah nggak akan keluar banyak kok, paling cuma berupa bercak-bercak merah aja. Nah, kalau udah seperti itu mending kamu langsung memakai pembalut yang ada di emergency kit-mu ya.

Kalau mau lebih aman, kamu bisa pakai pembalut yang tipis beberapa hari menjelang menstruasi supaya kamu tetap nyaman beraktivitas di sekolah dan nggak takut terjadi ‘kecelakaan’. Tapi kalau darah menstruasinya udah keluar banyak, berarti kamu harus ganti dengan pembalut yang bisa mengunci cairan secara optimal supaya area vaginamu tetap terasa kering dan bebas bocor.

Selain itu, kamu juga harus memerhatikan tanda-tanda di tubuhmu menjelang menstruasi seperti nyeri perut, payudara atau muncul jerawat. Kondisi tersebut adalah gejala pra-menstruasi atau PMS. Mulai sekarang kamu juga harus mencoba untuk mencatat siklus menstruasimu. Rata-rata siklus menstruasi adalah 21 - 35 hari dan berlangsung antara 2 - 10 hari. Cara untuk mengetahui siklus menstruasimu adalah dengan menghitung hari pertama menstruasimu sampai hari pertama menstruasi di bulan berikutnya. Nah, rentang waktu itulah yang dinamakan siklus menstruasi. Jadi, sebenarnya menstruasi bukan datang di tanggal yang sama, melainkan sesuai rentang waktu siklus menstruasimu, Girls!

Share artikel ini ke teman-temanmu yuk, supaya mereka nggak mengalami ‘kecelakaan’ di sekolah!

Related Articles
First Timer
20 Sep 2019

Lebih Peka Sama Menstruasimu yuk!

Girls, para ahli kesehatan menyarankan supaya setiap cewek memantau dan mencatat segala hal yang ber...
First Timer
20 Sep 2019

Menstruasi yang Nggak Normal Itu Gimana sih?

Menstruasi yang terjadi pada setiap cewek itu berbeda-beda, begitu juga sama volume darah menstruasi...
First Timer
14 Dec 2019

Kenapa sih, Menstruasiku Tidak Lancar?

Ngaku deh, Girls, kalau awalnya menstruasimu teratur terus tiba-tiba jadi tidak teratur, pasti kamu ...