Kata Siapa, Menstruasi Cuma Bikin Kulit Jadi Jerawatan Doang?
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Kata Siapa, Menstruasi Cuma Bikin Kulit Jadi Jerawatan Doang?

Kata Siapa, Menstruasi Cuma Bikin Kulit Jadi Jerawatan Doang?

13 Aug 2019

Kata Siapa, Menstruasi Cuma Bikin Kulit Jadi Jerawatan Doang?

Girls, hormon-hormon yang mengatur menstruasi nggak cuma mengganggu mood, bikin nyeri perut dan nafsu makan bertambah aja lho, tapi juga bisa menyebabkan perubahan pada kulitmu. Keluhan umum yang sering dialami para cewek adalah jerawat. Tapi kamu tau nggak sih, selain jerawat ada juga gangguan lain yang perlu kamu tau. Kira-kira apa aja ya?

  • Produksi minyak kulit meningkat

Selama 14 hari terakhir pada siklus menstruasi, kadar hormon estrogen dalam tubuhmu sangat rendah, sebaliknya hormon androgenmu meningkat. Kondisi ini bisa membuat produksi minyak meningkat. Akibatnya, pori-pori jadi gampang tersumbat dan jerawat akan terbentuk. Saat ada jerawat, pastikan kamu nggak menekannya karena bisa menyebabkan kerusakan kulit permanen, meninggalkan bekas, dan memicu infeksi bakteri. Para ahli kesehatan kulit menyarankan supaya kamu membersihkan wajah dengan pembersih ber-pH rendah yang mengandung anti-inflamasi. Jenis pembersih ini akan menekan reaksi bakteri, menjaga kelembapan dan menguatkan jaringan penahan kulit.

  • Pori-pori membesar

Peningkatan progesteron and testosteron yang terjadi seminggu sebelum menstruasi bisa  menyumbat pori-pori dengan sebum dan membuatnya terlihat lebih besar. Pakailah pembersih yang mengandung salicylic acid, karena bisa membersihkan dan mengecilkan pori-pori.

  • Kulit kering

Selama menstruasi, kadar hormon estrogen dalam tubuhmu jadi sangat rendah. Kondisi ini bisa membuat kulitmu kering. Kamu harus memastikan untuk selalu memakai pelembap supaya kesehatan kulitmu terjaga.

  • Sensitif terhadap sinar matahari

Berdasarkan fakta medis, hormon estrogen yang memicu penyumbatan pori-pori juga bisa membuat kulitmu jadi lebih sensitif dan terlihat kemerahan. Kamu harus selalu ingat untuk memakai sunscreen, terutama menjelang dan selama menstruasi berlangsung.

Sekarang kamu jadi tau kan, selain jerawat ada juga gangguan kulit lain yang bisa muncul saat menstruasi. So, mulai sekarang kamu harus lebih memerhatikan dan merawat kesehatan kulitmu supaya tetap terjaga dan nggak mengganggu aktivitasmu!

Ajak teman-temanmu untuk baca artikel ini yuk, supaya mereka tau kalau gangguan kulit saat menstruasi bukan cuma jerawat aja!

Related Articles

First Timer
11 Oct 2019

Cairan Pembersih Miss V? Duh, Nggak Perlu!

Girls, kamu pasti tau kan, kalau vagina itu bisa mengeluarkan cairan setiap harinya? Kadang cairan y...
First Timer
14 Oct 2019

Hari Pertama Menstruasi Itu Penting Nggak sih?

Mengetahui kapan datangnya hari pertama menstruasi itu penting lho, Girls! Kenapa sih? Karena info s...
First Timer
14 Nov 2020

Sebagai Wanita Penting Mengetahui Siklus Haid

 Menstruasi pertama kali biasanya terjadi pada umur pubertas, yang dimulai umur 12 tahun yang s...