ask dr laurier
Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Kapan Menstruasiku Datang Lagi?

Kapan Menstruasiku Datang Lagi?

Author: Tim Edukasi Laurier

20 Feb 2019

Kapan Menstruasiku Datang Lagi?

Sebenernya simple lho, Girls, kalau kamu mau tau hari pertama menstruasimu selanjutnya. Gimana sih, caranya? Kamu cukup tau siklus menstruasimu sendiri. Tapi sayangnya nih, di usia remaja, saat tubuh masih mengalami pertumbuhan, biasanya menstruasi belum berlangsung dalam siklus yang tetap. Karena sistem reproduksi belum menghasilkan hormon reproduksi yang seimbang, jadi siklus menstruasi juga belum teratur.

Tapi, bukan berarti nggak ada cara untuk memastikan siklus menstruasi di masa remaja. Step pertama untuk menentukan siklus menstruasi adalah catet tanggal pas hari pertama setiap kali kamu menstruasi. Lakukan hal ini paling nggak selama 4 bulan berturut-turut. Dengan cara ini, kamu bisa menentukan berapa lama sebenernya siklus berlangsung dari satu periode ke periode lain.

Step selanjutnya adalah hitung jumlah hari dari satu hari pertama menstruasi ke hari pertama menstruasi selanjutnya. Misalnya nih, siklus yang pertama adalah 29 hari, siklus kedua 31 hari, siklus ketiga 31 hari, dan siklus keempat adalah 30 hari.

Step ketiga adalah jumlahkan semua hari tersebut. Misalnya pake contoh tadi, 29 + 31 + 31 + 30 = 121. Terus bagi hasilnya dengan 4 (4 periode menstruasi) untuk dapetin jumlah hari rata-rata. Nah, hasil dari 121 ÷ 4 adalah 30. Ini berarti siklus menstruasimu adalah 30 hari.

Dengan jumlah tersebut, kamu bisa mengira-ngira hari pertama menstruasimu yang selanjutnya, dengan nambahin 30 hari. Jadi, kalau misalnya menstruasimu di bulan Januari adalah tanggal 2, terus kamu mau tau kapan menstruasi berikutnya, tinggal tambahin aja 30 hari dari tanggal 2 Januari itu. So, hari pertama menstruasimu bakal jatuh di tanggal 1 Februari.

Gampang kan, Girls ngitungnya? Nggak perlu susah-susah hafalin rumus kayak matematika, kok! Cukup ditambahin dan dibagi aja. Yuk, ajak temen kamu untuk baca artikel ini biar mereka juga bisa hitung dan tau hari pertama menstruasinya!

Related Articles

Author: Tim Edukasi Laurier
17 Sep 2019

Enjoy Sepanjang Hari Saat Menstruasi

Pas lagi menstruasi, pasti ada saat di mana kamu merasa nggak nyaman. Benar nggak, Girls? Tapi, lebi...
Author: Tim Edukasi Laurier
23 Aug 2019

Trik Simple Bersihkan Noda Bekas Tembus

Mengalami kejadian tembus pas menstruasi memang hal yang nggak menyenangkan banget. Kadang hal ini b...
Author: Tim Edukasi Laurier
09 Dec 2019

Muntah Menjelang Menstruasi, Normal Nggak ya?

Girls, rasa mual yang hebat dan diakhiri dengan muntah yang terjadi menjelang menstruasimu, dikatego...