Kapan Aku Menstruasi Lagi Setelah Menarche?
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Kapan Aku Menstruasi Lagi Setelah Menarche?

Kapan Aku Menstruasi Lagi Setelah Menarche?

29 Aug 2019

Kapan Aku Menstruasi Lagi Setelah Menarche?

Setelah kamu mengalami menstruasi pertama (menarche) biasanya kamu akan menunggu menstruasi kedua pada tanggal yang sama di bulan berikutnya, benar nggak, Girls? Hmm...kalau kamu udah nunggu tapi ternyata menstruasi keduamu nggak juga datang juga, pasti kamu langsung panik deh! Iya kan? Kira-kira ada nggak ya, cara untuk memastikan kapan menstruasi kedua datang setelah menarche?

Ternyata menurut para ahli kesehatan reproduksi, untuk memastikan kapan terjadinya menstruasi kedua setelah menarche itu nyaris mustahil, Girls. Karena pada tahun-tahun pertama, siklus menstruasi seorang cewek belum bisa terjadi secara teratur. Saran yang diberikan adalah memakai rata-rata perhitungan siklus menstruasi, yaitu 21 – 35 hari sebagai patokanmu. Maksudnya adalah menstruasi kedua mungkin terjadi di hari ke-21 atau ke-35 setelah kamu mengalami menarche.

Cara lain yang bisa memperkirakan datangnya menstruasi kedua adalah gejala PMS. Sebenarnya, secara nggak sadar tubuhmu udah mengalami gejala PMS sejak 14 hari sebelum menstruasi datang. Biasanya gejala yang dirasakan masih ringan, jadi sering terabaikan sama kamu. Nah, supaya kamu lebih peka, berikut ini ada beberapa gejala PMS yang biasanya dirasakan para cewek menjelang menstruasi. Apa aja ya?

  • 10 hari sebelum menstruasi: Mulai muncul jerawat karena produksi minyak kulit lagi meningkat, sehingga banyak kotoran yang menempel di permukaan kulit wajahmu, akhirnya pori-pori tertutup dan muncul jewarat.
  • Tujuh hari sebelum menstruasi: Area vaginamu akan terasa lebih lembap dari sebelumnya karena meningkatnya cairan vagina yang diproduksi tubuhmu.
  • Enam hari sebelum menstruasi: Moody atau emosi nggak stabil, lebih sensitif, gampang tersinggung, sedih atau mungkin malah sebaliknya jadi lebih energik dan happy.
  • Lima hari sebelum menstruasi: Gampang capek. Pada saat ini lebih baik kamu rajin berolahraga supaya selalu semangat pas lagi beraktivitas.
  • Empat hari sebelum menstruasi: Perut kembung dan payudara mulai terasa nyeri.
  • Tiga hari sebelum menstruasi: Perut mulai terasa nyeri seperti tertusuk-tusuk.
  • Dua hari sebelum menstruasi: Selera makan mulai terganggu seperti ingin ngemil makanan yang manis.
  • Satu hari sebelum menstruasi: Sakit perut jadi semakin terasa dibarengi sama pusing dan perubahan suhu tubuh.

Kamu bisa memantau gejala-gejala di atas supaya tau kapan menstruasi keduamu datang. Emang sih, nggak semua cewek mengalaminya. Tapi, ada tiga gejala umum yang biasanya dialami para cewek menjelang menstruasi yaitu, meningkatnya produksi cairan vagina, serta payudara dan perut terasa nyeri. Kalau kamu mengalami tiga gejala tersebut, berarti nggak lama lagi menstruasi keduamu akan datang, Girls. So, kamu nggak perlu khawatir lagi kalau menstruasi keduamu datang di tanggal yang nggak sama dari bulan sebelumnya ya!

Share artikel ini ke teman-teman cewekmu yuk, supaya mereka juga tau tentang info ini!

Related Articles

First Timer
22 Aug 2019

Jaga Pembalutmu Supaya Tetap Steril!

Sebagai cewek yang setiap bulan mengalami menstruasi, pembalut pasti jadi benda yang paling penting ...
First Timer
09 Sep 2019

Banyak Larangan Pas Menstruasi, Benar Nggak sih?

Girls, kamu pernah nggak sih, menahan diri pas menstruasi karena ada larangan-larangan tertentu yang...
First Timer
25 Sep 2019

Lengkapi Catatan Menstruasimu yuk!

Kamu udah punya catatan menstruasi belum, Girls? Nah, sekarang ini cewek disarankan banget untuk mem...