Jerawat Pas Menstruasi? NO WAY!
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Jerawat Pas Menstruasi? NO WAY!

Jerawat Pas Menstruasi? NO WAY!

05 Sep 2019

Jerawat Pas Menstruasi? NO WAY!

Girls, kamu pernah nggak sih, pas bangun di pagi hari tiba-tiba ada jerawat tumbuh di wajahmu? Duh, sebel banget kan, padahal menstruasi masih seminggu lagi! Pasti kamu langsung terbayang suasana risih pas ketemu teman-teman, apalagi....gebetan. Malu banget deh! Kira-kira ada nggak ya, cara untuk mengatasi kondisi darurat ini? Eits, tenang, Girls! Kamu bisa kok, mengatasi jerawat yang tiba-tiba muncul dengan melakukan lima langkah ini:

  • Kompresan hangat. Ambil kapas steril, celupkan ke dalam air panas, kompres langsung ke jerawatmu selama sepuluh menit. Cara ini ampuh banget untuk bikin isi jerawat berkumpul ke permukaan kulit, sehingga akan lebih gampang pas mau dikeluarkan.
  • Oleskan krim atau salep yang mengandung salicylic acid ke permukaan jerawat. Diamkan beberapa saat sampai menyerap ke kulit.
  • Tekan kedua sisi jerawat pakai kapas steril. Kalau isi jerawat udah muncul, maka tinggal kamu keluarkan. Tapi kalau masih susah, jangan dipaksa ya.
  • Kompres jerawat dengan es selama 10 menit. Hal ini dilakukan supaya jerawatmu cepat kempes.
  • Pakai krim khusus untuk menyamarkan jerawat supaya nggak terlihat, lalu pakai concealer yang warnanya sesuai kulit wajahmu. Eits, jangan pakai terlalu tebal ya, supaya tetap terlihat natural.

Nah, kalau kamu udah coba langkah-langkah di atas untuk mencegah jerawat supaya nggak muncul lagi, kamu bisa menjaga dan merawat kulit wajahmu dengan tips di bawah ini, Girls!

  • Pakai pembersih wajah antijerawat untuk membersihkan wajah. Sebaiknya, kamu paki jenis pembersih wajah yang mengandung astringent, untuk mencegah bakteri yang masuk melalui pori-pori wajahmu, Girls.
  • Konsumsi vitamin B6 dan asam folat. Kedua jenis vitamin ini bisa mencegah supaya kulitmu nggak terlalu sensitif, dan mencegah terbentuknya jerawat sebelum dan selama menstruasi.
  • Berolahraga secara teratur. Kamu bisa melakukan aktivitas fisik seperti aerobik, berjalan santai, dan jogging. Semua aktivitas itu bisa mengatur kadar hormonmu setelah menstruasi untuk menyembuhkan jerawat, melancarkan sirkulasi darah di bawah kulitmu, sehingga wajahmu terlihat sehat dan bebas jerawat.
  • Mengonsumsi makanan sehat dan segar. Kurangilah mengonsumsi makanan olahan dan kalengan ya, Girls! Karena zat kimia yang ada di makanan itu bisa memicu jerawat muncul. Kamu bisa mengonsumsi makanan sehat secara rutin seperti, buah, sayuran, dan makanan yang mengandung Omega 3, supaya kulitmu jadi lebih sehat.

Jerawat yang ukurannya besar memang bikin nggak pede! Tapi, sebenarnya ini hal yang wajar dialami para cewek remaja kok. Kamu jangan berpikir kalau orang cuma menilai dari penampilanmu aja ya, karena sikap dan prestasi pasti lebih diutamakan, Girls! Mulai sekarang kalau kamu tiba-tiba jerawatan, langsung aja lakukan lima langkah di atas dan juga empat tips perawatan wajah, supaya kamu bisa pede lagi ketemu teman-teman dan gebetanmu! Enjoy your day, Girls!

Ajak teman-temanmu untuk baca artikel ini yuk, supaya mereka juga bisa mengatasi jerawatnya yang tiba-tiba muncul!

Related Articles

First Timer
10 Dec 2019

Pakaian Dalam Bersih, Bebas Noda Darah

Pernah mengalami menstruasi yang tiba-tiba datang di malam hari nggak, Girls? Alhasil pas kamu bangu...
First Timer
08 Oct 2019

Pembalut dan Teman-temannya

Mungkin sekarang kamu cuma tau kalau pembalut adalah produk pelindung menstruasi yang paling populer...
First Timer
27 Nov 2019

Masa Subur Itu Apa sih?

Girls, kamu tau nggak, sebenarnya ada makna lain dibalik masa pubermu? Setelah kamu mengalami peruba...