Jauhi 6 Kebiasaan Ini Biar PMS Nggak Makin Parah
Laurier V Care Expert

Jauhi 6 Kebiasaan Ini Biar PMS Nggak Makin Parah

Jauhi 6 Kebiasaan Ini Biar PMS Nggak Makin Parah

14 Aug 2019

Jauhi 6 Kebiasaan Ini Biar PMS Nggak Makin Parah

Data lembaga kesehatan dunia, WHO menyatakan 50% perempuan usia produktif mengalami PMS yang relatif berat. Kondisi ini mulai ditanggapi serius di beberapa negara Eropa karena memengaruhi produktivitas kerja. Mungkin di antara kamu masih ada yang mengabaikan gangguan PMS ini dan tetap beraktivitas seperti biasanya. Tapi kamu tau nggak sih, ternyata gangguan PMS ini malah bisa semakin buruk pas kamu melakukan beberapa hal yang nggak kamu sadari lho! Apa aja ya?

  • Kurang tidur

Saat menstruasi, kalau kamu mengalami kram perut, gelisah karena pikiran yang tegang, dan insomnia karena reaksi terhadap hormon, bisa jadi ketiga hal ini bakal bikin kamu susah tidur malam. Padahal saat kamu tidur, tubuhmu bakal memperbaiki seluruh sel yang rusak dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kalau kamu nggak tidur, tubuhmu malah bisa mengalami stres, pembengkakan dan membuat mood jadi nggak nyaman. Akibatnya, kondisi PMS jadi semakin buruk deh. Makanya, setiap perempuan disarankan banget untuk tidur 7 - 8 jam setiap harinya, apalagi saat menstruasi.

  • Olahraga yang berlebihan

Olahraga yang intens seperti aerobik atau crossfit selama satu jam bisa membuat tubuhmu tegang dan akan memperburuk PMS-mu. Tapi, jangan jadikan ini alasan biar kamu nggak berolahraga sama sekali ya, Girls. Karena penelitian terakhir menegaskan kalau olahraga ringan bisa memberi dampak yang baik untuk tubuhmu saat menstruasi. Jadi, kamu tetap bisa melakukan olahraga ringan seperti berenang, jalan santai, bersepeda, jogging, yoga, pilates atau stretching untuk meredakan nyeri PMS-mu.

  • Konsumsi makanan manis

Menjelang dan saat menstruasi pasti kamu tergoda untuk mengonsumsi makanan manis. Benar nggak, Girls? Tapi kamu tau nggak sih, kalau kebiasaan ini malah bisa memperburuk PMS-mu lho! Para ahli menyarankan, sebaiknya seorang perempuan jangan mengonsumsi makanan manis, karena bisa meningkatkan kadar gula di dalam darah, kembung dan membuat tubuh jadi gampang merasa lelah.

  • Terlalu banyak mengonsumsi minuman yang mengandung kafein

Lesu, ngantuk dan sakit kepala adalah alasan yang pas untuk mengonsumsi kopi. Benar nggak, Girls? Kafein yang ada di dalam kopi memang bisa meningkatkan semangat dan konsentrasi. Tapi kamu tau nggak, kalau kafein ternyata juga bisa memicu kondisi tubuhmu jadi kekurangan cairan dan memperburuk gejala PMS-mu lho! So, lebih baik kamu kurangi dulu konsumsi minuman berkafein menjelang menstruasi supaya ketegangan, insomnia dan rasa cemasmu bisa hilang!

  • Stres

Sebenarnya, stres nggak secara langsung menyebabkan nyeri saat PMS. Tapi stres ini bisa membuat perubahan mood yang parah banget lho, Girls. Makanya disarankan banget supaya kamu terhindar dari stres menjelang menstruasi. Tapi kalau kamu udah terlanjur mengalami stres, lakukan aja beberapa kegiatan yang bisa meredakannya seperti olahraga ringan di pagi hari, yoga atau jogging. Lalu mandi dengan air hangat supaya otot-otot tubuhmu yang tegang bisa mereda dan mood-mu membaik lagi.

  • Malas berolahraga

Ternyata selain olahraga yang berlebihan, malas berolahraga juga bisa memperburuk PMS-mu lho! Penelitian sudah membuktikan kalau perempuan yang jarang atau bahkan nggak berolahraga sama sekali, cenderung mengalami PMS. Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari berolahraga. Karena selain mengurangi ketegangan, dan mengeluarkan racun dari tubuh dalam bentuk keringat, olahraga juga bisa menghilangkan kram dan meningkatkan kualitas tidurmu. Pusat studi kesehatan Universitas Maryland di Amerika, menyarankan supaya para perempuan berolahraga 30 menit selama 5 hari dalam seminggu, walaupun sedang menstruasi.

Malas dan berlebihan olahraga memang bisa bikin PMS jadi semakin buruk. Walaupun begitu, kamu harus tetap berolahraga, Girls, tapi sesuaikan aja sama kebutuhanmu ya! Selain itu, makanlah lebih sering dengan porsi kecil menjelang menstruasi supaya perutmu nggak berlama-lama dalam kondisi kosong dan kembung, serta tingkat energi dan kadar gula darahmu tetap terjaga. Jadi, kamu tetap berenergi dan nggak moody selama menstruasi!

Kamu nggak nyangka kan, Girls, ternyata hal se-simple itu bisa berdampak besar buat PMS-mu? So, lebih baik mulai sekarang kamu mengendalikannya supaya gejala PMS yang dirasakan nggak semakin buruk ya! Share artikel ini ke teman-temanmu yuk, supaya mereka tau tentang info ini!

Related Articles
First Timer
19 Nov 2019

Duh! Kenapa ya BAB ku Nyeri Saat Menstruasi?

Nyeri saat BAB di masa menstruasi memang mungkin dialami lho, Girls. Kondisi ini bisa bikin jadi ngg...
First Timer
22 Aug 2019

Jaga Pembalutmu Supaya Tetap Steril!

Sebagai cewek yang setiap bulan mengalami menstruasi, pembalut pasti jadi benda yang paling penting ...
First Timer
09 Dec 2019

Muntah Menjelang Menstruasi, Normal Nggak ya?

Girls, rasa mual yang hebat dan diakhiri dengan muntah yang terjadi menjelang menstruasimu, dikatego...
All Things Period
Period Facts

Cari tahu berbagai informasi seputar menstruasi di sini.

Adulthood

Break the taboo! Kenali lebih dalam mengenai kesehatan reproduksi dan juga tubuhmu.

First Timer

Sex education untuk kamu yang beranjak dewasa.

Motherhood

Seputar kehamilan, masa subur, dan tips edukasi menstruasi untuk para Ibu.

Body & Mind
Healthy Body

Kesehatan merupakan hal utama agar bisa menikmati hidupmu secara maksimal.

Healthy Mind

Feeling underwhelmed during your period? Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebabnya.