Jangan Takut Mulai Obrolan Tentang Menstruasi Sama Mama!
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Jangan Takut Mulai Obrolan Tentang Menstruasi Sama Mama!

Jangan Takut Mulai Obrolan Tentang Menstruasi Sama Mama!

04 Sep 2019

Jangan Takut Mulai Obrolan Tentang Menstruasi Sama Mama!

Sebagian dari kamu mungkin ada yang susah memulai obrolan tentang menstruasi sama mama. Walaupun komunikasimu lancar dan dekat sama mama, tapi mengobrol tentang menstruasi ini kadang bikin kamu malu. Benar nggak, Girls? Kalau udah begitu, pasti kamu bakal nunggu sampai mamamu tau sendiri kamu udah menstruasi. Hmm...sebenarnya nggak susah kok, ngobrol sama mama tentang menstruasi asal kamu mau usaha. Tapi kalau kamu masih bingung, coba lakukan tiga cara simple di bawah ini yuk!

  • Mengobrol santai

Kalau dari awal kamu udah membuat rencana seperti harus duduk bareng mama di tempat tertentu dan takut diceramahin panjang lebar, pasti kamu malah merasa seram duluan deh, Girls. Mending pakai cara yang lebih santai dengan mendekati mama yang lagi nonton tv dan langsung membuka obrolan, seperti “Ma, dulu waktu pertama kali menstruasi, mama panik nggak?”. Nah, kalau kamu udah bertanya seperti itu biasanya mamamu bakal langsung mengerti apa yang kamu pikirkan dan lanjut bercerita tentang pengalamannya. Jadi nggak seram kan, Girls?

  • Menulis surat

Kalau kamu nggak terbiasa berdiskusi langsung, coba aja menulis surat untuk mamamu. Suratnya simple aja seperti, “Ma, aku perlu tau tentang menstruasi pertama, boleh nggak kita ngobrol malam ini?”. Dijamin deh, mamamu pasti bakal menunggumu selesai belajar dan memulai obrolan tentang informasi yang kamu butuhkan, Girls.

  • Terus terang

Kamu langsung aja terus terang bilang ke mama misalnya, “Aku malu bilangnya, tapi aku harus kasih tau mama kalau aku udah menstruasi, ma”. Kalau kamu udah bilang begitu, pasti mamamu langsung mendengarkanmu, terus bertanya dari kapan dan apa aja yang udah kamu rasakan selama menstruasi.

Gimana? Simple banget kan? Kalau kamu belum mengalami menstruasi pertamamu, cara-cara di atas bisa kamu jadikan sebagai persiapan untuk membuka obrolan tentang menstruasi sama mamamu nanti. Selain rasa keberanianmu meningkat, mengobrol tentang menstruasi juga bisa membuat hubungan kamu dengan mamamu semakin dekat lho, Girls!

Share artikel ini ke teman-temanmu yuk, supaya mereka berani ngobrol sama mamanya tentang menstruasi!

Related Articles

First Timer
20 Jun 2019

Selamat Datang Masa Remaja!

Girls, coba deh, kamu iseng bolak-balik lagi album fotomu. Lihat foto-foto pas kamu masih kecil samp...
First Timer
27 Nov 2019

Warna Kecokelatan Setelah Menstruasi, Apa tuh?

Biasanya setelah kamu selesai menstruasi, kamu akan berpikiran nggak perlu pakai pembalut lagi, iya ...
First Timer
10 Oct 2019

Ada Apa Sama Tubuhku?!

Kalau kamu melihat banyak perubahan yang terjadi di tubuhmu setelah menstruasi pertama, kamu nggak p...