Eits, Jangan Sembarangan Pilih Pembalut ya!
ask dr laurier

Eits, Jangan Sembarangan Pilih Pembalut ya!

Eits, Jangan Sembarangan Pilih Pembalut ya!

13 Aug 2004

 Eits, Jangan Sembarangan Pilih Pembalut ya!

Pembalut pasti jadi benda yang harus dimiliki setiap cewek tiap bulannya, iya kan, Girls? Pembalut adalah salah satu sahabat cewek pas menstruasi karena dengan pembalut, kebersihan dan kesehatan di area vagina bisa terjaga. Nah, kamu tau nggak sih, kalau kita nggak boleh asal pilih dan pakai pembalut lho! Salah pilih pastinya bisa menyebabkan akibat-akibat yang fatal.

Contohnya, hal yang sering dikeluhkan para cewek saat menstruasi adalah iritasi. Faktor utama yang bisa memicu iritasi adalah meningkatnya kelembapan di permukaan kulit sekitar area vagina. Kalau pembalut yang kamu pakai nggak bisa menyerap cairan menstruasi dengan baik, akhirnya kulit di sekitar vaginamu jadi lembap dan gampang kena iritasi. Kamu nggak mau kan, hal itu terjadi?! Makanya, kamu harus perhatikan beberapa hal saat memilih pembalut yang akan kamu pakai.

Saat ini, banyak banget jenis pembalut yang beredar di pasaran, jadi kamu punya banyak pilihan deh! Tapi, hal ini kadang bikin kamu jadi bingung untuk pilih pembalut yang cocok. Benar kan? Eits, tapi kamu nggak perlu bingung, Girls! Di bawah ini ada beberapa hal yang bisa kamu jadikan patokan saat memilih pembalut. Kira-kira apa aja ya?

  • Berdaya serap tinggi

Pembalut yang daya serapnya tinggi bakal membantu kamu banget pas darah menstruasi yang keluar banyak. Karena darah bisa langsung diserap sama pembalut, jadi nggak balik lagi ke permukaan. Hal ini juga bisa cegah pembalut jadi bocor dan mengotori celana dalam sama pakaianmu. Oh iya, kalau kamu udah pakai pembalut yang daya serapnya tinggi, sebaiknya kamu juga tetap harus sering ganti pembalut ya! Apalagi pas hari pertama dan kedua menstruasimu. Permukaan pembalut yang menyentuh kulit vagina bakal membuat vagina jadi lembap dan bisa menyebabkan infeksi kulit yang membuat kulitmu terasa gatal. Misalnya, seperti vaginitis (radang vagina) yang diakibatkan oleh jamur dan bakteri.

  • Permukaan lembut dan kering

Pembalut yang terbuat dari bahan berkualitas (dibuat menggunakan teknologi air layered) akan terasa lebih lembut dan kering di kulit kamu, lho. Jenis pembalut ini bisa mengurangi risiko penyakit di kulit sekitar vaginamu seperti gatal-gatal dan iritasi.

  • Pilih ketebalan pembalut yang nyaman dipakai

Hal ini tergantung dengan kebutuhan setiap cewek. Ada yang merasa lebih pede dengan pembalut yang tebal (maxi) dan nggak masalah kalau gerakannya terganggu. Tapi, ada juga yang lebih suka pembalut super tipis dengan daya serap tinggi dan nggak mengganggu gerak tubuhnya selama menstruasi. Intinya, pilih aja pembalut yang menurutmu nyaman dan membuatmu bebas bergerak, tanpa perlu takut bakalan tembus, Girls. Hal ini pastinya bikin aktivitasmu sehari-hari juga nggak bakal terganggu.

  • Pilih pembalut yang nggak beraroma

Pewangi yang ada pada pembalut justru mengandung bahan kimia tertentu lho, Girls! Kalau kulit kamu sensitif, hal ini malah bisa membuat vaginamu jadi gatal dan iritasi.

  • Jangan tergoda sama harga pembalut yang murah

Walaupun kamu lagi menghemat, tapi jangan sampai kamu memilih pembalut yang harganya terlalu murah dan nggak wajar ya, Girls! Apalagi kalau pembalut yang dijual nggak pakai kemasan. Biasanya, pembalut tersebut adalah produk gagal yang nggak lolos proses quality control. Karena kemasan adalah salah satu cara untuk menjaga kesterilan pembalut.

  • Tentukan jenis pembalut

Saat ini, pembalut ada dua jenis yaitu yang bersayap (wings) dan tanpa sayap. Jenis pembalut ini berpengaruh banget dalam memberikan rasa aman dan nyaman buatmu, Girls. Pembalut wings pastinya bisa lebih melindungimu dari kejadian ‘bocor’ karena wings ini berfungsi untuk menutupi bagian samping celana dalammu. So, kalau kamu pakai pembalut wings, kamu jadi nggak worry lagi untuk beraktivitas di luar, Girls!

  • Panjang pembalut

Pembalut yang dijual di pasaran udah diperhitungkan sesuai dengan kebutuhan cewek dan bisa melindungimu dari kejadian tembus. Makanya, pembalut saat ini udah dibuat dengan ukuran yang panjang dan bervariasi. Pilihlah pembalut yang panjangnya bisa menutupi area permukaan vaginamu supaya kamu selalu merasa aman.

  • Ada nomor registrasi

Hal lain yang nggak kalah penting adalah kamu harus memperhatikan nomor registrasi Kemenkes RI yang ada di setiap kemasan pembalut. Nomor registrasi tersebut adalah jaminan pemerintah kalau pembalut yang kamu pilih itu bahan dan proses pembuatannya udah sesuai standar kesehatan.

  • Pilih pembalut yang dikemas satuan dalam kemasan besar

Maksudnya adalah, pilih pembalut yang double packaging. Selain lebih steril, pembalut yang dikemas satuan ini juga lebih praktis. Kamu cukup mengambil beberapa pembalut satuan, masukkan ke dalam emergency kit-mu, terus tinggal simpan ke dalam tas sekolahmu deh. Simple kan, Girls?!

Nah, tips-tips di atas cukup membantu kamu untuk pilih pembalut yang tepat kan? Mulai sekarang, jangan sembarangan pilih pembalut ya! Karena pembalut adalah benda yang pasti kamu butuhkan saat menstruasi. Kalau pembalut yang kamu pilih udah benar, artinya kamu bisa bebas beraktivitas tanpa khawatir akan terjadi tembus dan terhindar dari risiko iritasi, Girls!

Jangan lupa ajak teman-temanmu untuk baca artikel ini supaya mereka bisa memilih pembalutnya dengan benar!

Related Articles
First Timer
10 Oct 2019

Q&A Singkat Tentang Menarche

Di tahun pertama menstruasi, pasti ada banyak hal yang bikin kamu kepo tentang menstruasi pertama at...
First Timer
01 Aug 2019

Iritasi Kulit di Area Vagina Itu Kenapa sih?

Kamu sering merasakan gatal-gatal di area vaginamu nggak, Girls? Nah, kalau kamu merasakan gatal-gat...
First Timer
30 Sep 2019

Gawat, Kram Menstruasi Menyerangku di Sekolah!

Kram menstruasi bisa dialami kapan dan di mana aja. Right, Girls? Bayangin kalau kamu mengalami kram...