ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Jangan Panik Sambut Menstruasi Pertama!

Jangan Panik Sambut Menstruasi Pertama!

19 Nov 2019

Jangan Panik Sambut Menstruasi Pertama!

Saat kamu masuk masa remaja, pasti kamu mulai menantikan datangnya menstruasi, iya kan? Tapi ketika kamu udah menunggu, ternyata malah teman-temanmu duluan yang mengalami menstruasi, sedangkan kamu belum. Kamu pasti bertanya-tanya dan merasa bingung kan? Hal itu memang wajar dialami sama kamu yang baru masuk masa remaja kok. So, kamu nggak perlu cemas ya, Girls!

  • Tanda-tanda tubuhmu yang bisa dijadikan patokan adalah tumbuhnya rambut di ketiak dan sekitar organ genitalmu. Rata-rata seorang perempuan mengalami menstruasi 2 tahun setelah tumbuhnya payudara, dan setahun setelah memproduksi cairan vagina. Rata-rata menstruasi pertama dialami pada usia 12 tahun, tapi ada juga yang lebih cepat atau lebih lambat dari usia tersebut.
  • Sebaiknya ajak orang dewasa yang bisa kamu percaya untuk membahas tentang menstruasi, sebelum kamu mengalaminya. Bila perubahan tubuhmu udah mulai terjadi, biasakan untuk membawa persediaan pembalut setiap kamu pergi ya! Supaya kamu udah siap kalau tiba-tiba mengalaminya.
  • Menstruasi pertama itu biasanya nggak berlangsung lama kok, Girls. Karena tubuhmu masih membutuhkan waktu untuk menyeimbangkan kadar hormon dan membentuk pola siklus menstruasimu yang teratur. Biasanya menstruasi pertama nggak akan berlangsung lebih dari 10 hari, sejak bercak darah terlihat.
  • Kalau kamu lihat sekilas, darah menstruasi yang keluar memang sepertinya sangat banyak. Tapi, sebenarnya darah yang keluar cuma 3 - 5 sendok makan lho, Girls. Awalnya kamu akan melihat bercak merah kecokelatan, yang nantinya akan menjadi cukup banyak di hari-hari berikutnya.
  • Kalau kamu melihat ada noda darah yang tembus ke pakaian, kamu jangan panik ya, Girls! Hal ini memang sering dialami semua cewek di tahun pertama menstruasinya. Kalau kamu tiba-tiba mengalami tembus dan nggak bisa cepat mengganti rok atau celanamu, coba lilitkan jaket atau sweater di pinggangmu, sehingga bisa menutupi noda darah di pakaianmu. Tapi, kalau kejadiannya di sekolah dan kamu pakai rok seragam putih, sebaiknya kamu minta izin ke kamar mandi untuk membersikan noda darah, atau mencari pinjaman rok pengganti yang biasanya tersedia di UKS sekolah.

Nah, sekarang kamu tau kan, apa aja yang harus kamu persiapkan pas menstruasi datang? So, kamu nggak perlu takut atau cemas memikirkan menstruasi pertama yang bakal datang ya, Girls! Just enjoy your day!

Yuk, share artikel ini ke teman-teman cewekmu, Girls! Supaya mereka makin banyak tau info tentang menstruasi pertama.

Related Articles

First Timer
14 Nov 2019

Apa yang Salah Sama Gigi dan Gusiku?

Girls, kamu sadar nggak sih, kalau menjelang menstruasi pasti gusimu jadi gampang berdarah dan gigi ...
First Timer
27 Feb 2020

Yakin Kamu Udah Dewasa? Buktikan yuk!

Girls, masa transisi dari remaja menuju dewasa biasanya disebut sebagai puber, di masa inilah kamu b...
First Timer
03 Dec 2019

PMS-ku Terlalu Cepat atau Lambat ya?

Girls, PMS atau gejala-gejala sebelum menstruasi yang kamu alami memang relatif banyak jenisnya lho!...