Jangan Malas Pas Menstruasi!
ask dr laurier

Jangan Malas Pas Menstruasi!

Jangan Malas Pas Menstruasi!

04 Oct 2019

Jangan Malas Pas Menstruasi!

Girls, mungkin kamu pernah merasa sedikit nggak nyaman pas lagi menstruasi, iya kan? Hal itu bisa bikin aktivitasmu terhambat dan stamina tubuh jadi menurun. Kalau udah begitu, jangan dibawa suntuk, Girls! Mending kamu lakukan beberapa kegiatan di bawah ini, supaya kamu bisa tetap aktif dan semangat selama menstruasi!

  • Pilih pembalut yang pas

Biar nggak cemas karena takut bocor, jangan sembarangan saat memilih pembalut, apalagi cuma karena harganya yang murah. Pastikan pembalut yang kamu pilih itu berkualitas dan nyaman saat dipakai. Misalnya untuk hari-hari pertama saat darah menstruasi yang keluar banyak, pakailah pembalut yang ukurannya lebih panjang dan bersayap (wings). Kalau tidur, pilih pembalut khusus untuk malam hari.

  • Mengganti pembalut setiap empat jam sekali

Selain penting untuk kebersihan dan kesehatan vagina, mengganti pembalut ini juga bisa mengurangi risiko ‘tembus’, Girls. Karena saat diganti, pembalut baru akan punya ruang yang luas untuk menampung darah menstruasimu. So, nggak akan tembus ke celana dalam atau bajumu deh!

  • Pakai celana dalam yang pas

Jangan pakai celana dalam yang terlalu longgar, Girls! Karena kalau aktivitas di luar rumahmu padat, maka celana dalam yang longgar itu bisa bikin pembalut bergeser dan nggak pas saat menyerap darah menstruasi. Duh, kamu nggak mau mengalami tembus karena hal itu kan?!

  • Mandi

Mandi nggak cuma bikin badanmu bersih aja lho, tapi juga bisa menjaga kebersihan area vaginamu, Girls. Saat mandi, jangan lupa basuh vaginamu dengan air bersih supaya semua kuman dan bakteri yang mungkin seharian ada di area vaginamu jadi hilang. Kamu juga bisa coba mandi dengan air hangat supaya otot-otot tubuhmu jadi lebih relaks. Sehingga, rasa sakit di bagian perut dan pegal-pegal tubuhmu mereda.

  • Banyak minum air putih

Saat menstruasi, tubuhmu akan kehilangan banyak cairan. Jadi, kamu perlu minum air putih minimal delapan gelas sehari untuk mengganti cairan tersebut.

  • Berolahraga

Saat berolahraga, tubuhmu akan memproduksi hormon endorfin yang bisa meredakan nyeri dan bikin kamu lebih happy.

Simple banget kan, Girls? Semua kegiatan di atas bisa langsung kamu coba pas menstruasi, supaya kamu nggak banyak ngeluh dan tetap bersemangat untuk menjalankan aktivitasmu. So, nggak ada alasan lagi untuk tiduran sepanjang hari, karena kalau tubuhmu yang lagi kurang nyaman itu nggak digerakin justru bisa semakin lemas. Be active and cheer up, Girls!

Jangan lupa share artikel ini ke teman-temanmu supaya mereka bisa tetap aktif pas menstruasi!

Related Articles
First Timer
31 Aug 2019

Awas Terjebak Mitos Tentang Tidur Pas Menstruasi!

Hal-hal yang berkaitan sama menstruasi itu banyak yang menarik tapi ada juga yang bikin panik. Benar...
First Timer
18 Dec 2019

Tips Bebas Kembung dan Mual Saat Menstruasi

Girls, kembung dan mual wajar dialami seorang cewek pada masa menstruasi. Hal ini terjadi karena ada...
First Timer
10 Dec 2019

Cara Ampuh Usir Lemas Pas Menstruasi!

Girls, kamu pernah nggak, mengalami siklus menstruasi saat menjelang lebaran? Kalau iya, pastinya bi...