Jangan Gampang Percaya Sama Mitos Menstruasi!
ask dr laurier

Jangan Gampang Percaya Sama Mitos Menstruasi!

Jangan Gampang Percaya Sama Mitos Menstruasi!

11 Sep 2019

Jangan Gampang Percaya Sama Mitos Menstruasi!

Kamu sering dengar nasehat kuno tentang menstruasi nggak, Girls? Kadang nasehat kuno itu bagian dari mitos yang masih dipercaya sama para cewek lho. Sebenarnya, mitos tentang menstruasi itu udah ada sejak lama. Mitos ini biasanya muncul karena info yang disampaikan kurang tepat, jelas atau malah terlalu berlebihan. Hmm...kira-kira mitos menstruasi apa aja ya, yang sampai sekarang masih ada dan dipercaya?

  • Banyak pantangan saat menstruasi

Sebenarnya, menstruasi bukanlah kondisi tubuh yang lagi sakit, Girls. Karena menstruasi justru menandakan kalau tubuhmu sehat. Dari sisi medis, sebenarnya nggak ada larangan atau pantangan yang harus dilakukan selama menstruasi, melainkan saran untuk menerapkan pola hidup sehat seperti mengonsumsi makanan bernutrisi, istirahat yang cukup dan rajin berolahraga supaya menstruasimu lancar dan teratur setiap siklusnya.

  • Menstruasi bikin tubuh jadi lemah karena banyaknya darah yang keluar dari tubuh

Hasil penelitian menyatakan kalau darah menstruasi yang keluar itu cuma 50 – 150 ml atau sekitar empat sampai enam sendok aja lho, Girls. Jadi, pernyataan menstruasi bisa bikin tubuhmu lemah itu bukan karena kamu lagi menstruasi ya!

  • Kalau lagi menstruasi artinya lagi sakit

Justru sebaliknya, menstruasi adalah proses alami yang dirasakan sama semua cewek di usia produktif. Menstruasi ini menandakan kalau tubuh seorang cewek itu sehat dan sistem reproduksinya bekerja dengan normal, Girls!

  • Mengonsumsi soft drink supaya menstruasi lancar

Katanya, selain bisa melancarkan darah yang keluar dari tubuh, soft drink juga bisa mengurangi rasa nyeri di perut. Duh, sampai sekarang pasti masih ada aja yang percaya sama pernyataan itu. Sebenarnya darah yang keluar dan nyeri perut pas menstruasi itu disebabkan sama hormon dan faktor psikis seorang cewek. Selain itu, makanan dan minuman yang kamu konsumsi sebenarnya diproses di tempat yang berbeda dari menstruasi, Girls. Kalau menstruasi diproses di organ reproduksi, sedangkan makanan dan minuman diproses di organ pencernaan.

  • Pembalut bisa bikin mandul

Secara medis, pembalut justru termasuk metode perawatan selama menstruasi supaya area vaginamu tetap bersih dan nggak lembap. Intinya, semua pembalut itu sehat. Kalau kamu mengalami keluhan karena pembalut, mungkin kulitmu alergi sama bahan yang ada di pembalut. Nah, makanya disarankan banget untuk para cewek mengganti pembalutnya minimal empat jam sekali atau setelah BAB dan BAK supaya area vaginamu tetap kering dan terhindar dari iritasi!

  • Pas menstruasi nggak boleh berenang

Selama kamu memakai pembalut dan merasa nyaman, berenang pas menstruasi ini boleh aja kok. Hal ini juga sama sekali nggak mempengaruhi kesehatanmu. Kalau pas berenang kamu tiba-tiba merasa kram di bagian perut, baru deh, sebaiknya kamu berhenti.

  • Menstruasi yang normal itu seminggu

Jelas banget pernyataan ini salah! Setiap cewek punya siklus menstruasi yang berbeda-beda dan nggak harus selalu berlangsung tujuh hari. Karena berdasarkan data medis, menstruasi yang normal itu berlangsung 2 – 10 hari. Jadi, kalau menstruasimu masih dalam rentang waktu itu berarti masih normal kok, Girls.

  • Jarang menstruasi artinya nggak subur

Pernyataan itu sama sekali nggak benar! Karena secara medis, sel telur akan tetap dilepaskan oleh indung telur walaupun siklus menstruasi seorang cewek lagi nggak beraturan. Jadi, menstruasi yang nggak teratur sebenarnya nggak bisa dijadikan patokan subur atau nggaknya seorang cewek.

  • Mengonsumsi es pas menstruasi bisa menghambat aliran darah

Sebenarnya es atau air dingin ini nggak berpengaruh apapun pas menstruasi. Selama kamu nggak merasa sakit atau kembung, mengonsumsi es boleh-boleh aja kok, Girls. Tapi jangan berlebihan ya, karena yang berlebihan itu pasti kurang baik untuk kesehatan tubuhmu.

Nah, sekarang kamu jadi tau kan, kalau semua itu cuma mitos aja? Mulai sekarang kalau kamu mendapat nasehat atau info tentang menstruasi, mending cari tau dulu kebenarannya ya, supaya kamu nggak salah info, Girls!

Share info ini ke teman-teman cewekmu yuk, supaya mereka nggak terjebak sama mitos-mitos menstruasi!

Related Articles
First Timer
26 Jan 2022

Tipe Spider-man yang Mana Kamu?

[SPOILER ALERT] Buat kamu yang belum nonton Spider-man: No Way Home, artikel ini mengandung spoiler....
First Timer
16 Aug 2019

3 Kriteria Pembalut yang Aman Dipakai

Setiap cewek pasti selalu pakai pembalut pas lagi menstruasi. Makanya, pembalut jadi salah satu bend...
First Timer
28 Nov 2019

Menyambut Masa Puber

Girls, saat kamu mengalami perubahan dalam proses menjadi seorang perempuan dewasa, masa itulah yang...