ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Istilah-istilah Unik ‘Menstruasi’

Istilah-istilah Unik ‘Menstruasi’

01 Oct 2019

Istilah-istilah Unik ‘Menstruasi’

Kamu sering nggak sih, mendengar atau memakai kata lain untuk menstruasi seperti ‘dapet’, ‘halangan’ atau ‘palang merah’? Kalau iya, kamu nggak perlu merasa aneh karena ternyata yang sering memakai nama lain untuk menstruasi bukan cuma di Indonesia aja lho, Girls! Hmm...kira-kira apa ya, istilah yang dipakai cewek di luar Indonesia untuk menggambarkan menstruasinya?

Cewek di seluruh dunia punya istilahnya masing-masing nih, Girls. Berdasarkan hasil penelitian terbaru, diketahui kalau ada sekitar 5.000 istilah di seluruh dunia untuk menggantikan kata ‘menstruasi’. Angka itu bukan informasi yang dikira-kira, karena itu adalah hasil dari survei sebuah lembaga internasional yang ingin mengetahui perilaku masyarakat di dunia tentang menstruasi. Salah satunya adalah informasi tentang cara masyarakat membicarakan menstruasi.

The International Women's Health Coalition, yaitu lembaga penyelenggara survei berhasil mendapatkan 90.000 dari 190 negara untuk mengetahui tentang istilah menstruasi ini. Hasil survei memberi data kalau 78% responden nggak pernah memakai kata ‘menstruasi’ saat membicarakan topik ini, melainkan istilah lain. Rakyat di Prancis dan RRC diketahui menduduki peringkat teratas sebesar 91%, lalu Denmark 86%.

Orang Prancis lebih sering menyebut “Les Anglais ont debarqué” yang artinya “Tentara Inggris sudah datang”, lalu masyarakat RRC memakai istilah “Adik perempuan lagi berkunjung”. Sedangkan, masyarakat Denmark punya istilah “Der Er Kommunister i Lysthuset” yang berarti “Ada komunis di dalam rumah”.

Istilah untuk menggantikan kata ‘menstruasi’ yang dipakai masyarakat di ketiga negara tersebut ternyata berhubungan sama kondisi yang dirasakan, seperti tertekan (tentara Inggris datang), merepotkan (adik perempuan bertamu) dan warna merah (komunis identik dengan warna merah). Tapi, ada juga istilah lain yang nggak berhubungan sama hal-hal itu seperti “Aunt Flo”. Kata ‘flo’ adalah singkatan dari flow, yaitu aliran yang menggambarkan menstruasi. Lalu, ada “Monthly visitor” atau penggambaran siklus menstruasi yang berulang hampir setiap bulan, dan “Have the painters in” yang menjelaskan warna cairan menstruasi.

Sebenarnya masih banyak istilah-istilah lain dalam berbagai bahasa selain yang ada di atas, dan pastinya bisa bikin kamu bingung kalau nggak bisa memahaminya. Nggak ada salahnya kok, kalau kamu mau memakai istilah lain untuk menstruasi. Tapi, coba biasakan diri aja untuk memakai kata ‘menstruasi’ itu sendiri supaya temanmu yang belum tau nggak bingung dengan istilah yang kamu pakai, Girls.

Share artikel ini ke teman-temanmu yuk, supaya mereka tau istilah-istilah unik yang dipakai untuk mengganti kata ‘menstruasi’!

Related Articles

First Timer
14 Oct 2019

5 Fakta Tentang Si “Menarche”

“Kenapa sih, aku belum menstruasi?” Pasti pertanyaan ini sering banget muter-muter di ot...
First Timer
06 Dec 2019

Hutang yang Harus Dibayar Saat Menstruasi di Bulan Puasa

Girls, kalau udah ngomongin puasa, biasanya buat kamu yang wajib menunaikannya, bakal nggak mau kala...
First Timer
28 Aug 2019

Awas, Jangan Percaya Mitos Tentang Pembalut!

Pembalut memang udah jadi kebutuhan dan teman setia para cewek pas menstruasi. Betul banget kan, Gir...