Iritasi Kulit di Area Vagina Itu Kenapa sih?
ask dr laurier

Iritasi Kulit di Area Vagina Itu Kenapa sih?

Iritasi Kulit di Area Vagina Itu Kenapa sih?

01 Aug 2019

Iritasi Kulit di Area Vagina Itu Kenapa sih?

Kamu sering merasakan gatal-gatal di area vaginamu nggak, Girls? Nah, kalau kamu merasakan gatal-gatal ditambah adanya kulit kemerahan yang membentuk ruam, itu artinya kamu kena iritasi lho. Kondisi ini bisa kamu alami pas lagi menstruasi. Sebenarnya kondisi ini bisa terjadi kalau kamu nggak memperhatikan kebersihan area vaginamu, seperti membiarkan area vagina lembap terlalu lama atau mungkin karena pembalut yang kamu pakai nggak tepat. Selain itu, ada juga dua faktor utama yang bisa membuat area vaginamu teriritasi. Apa aja ya?

  • Alergi

Kondisi alergi bisa kamu alami kalau memakai pembalut yang terbuat dari bahan-bahan yang menjadi alergenmu (pemicu alergi). Misalnya, pewangi yang dipakai pada pembalut atau mungkin bahan pembuat pembalut itu sendiri. Kamu bisa tau kondisi alergi ini kalau kamu udah mengalaminya sendiri. Jadi, memang perlu proses trial and error dulu sampai kamu menemukan pembalut yang tepat, Girls.

  • Jenis pembalut

Sebagian kulit di area vaginamu akan tertutup pembalut selama menstruasi. Kondisi ini bisa menghambat aliran udara ke permukaan vagina yang berarti kulit di sekitar vaginamu akan lebih lembap dari biasanya. Kulitmu bakal jadi nggak sehat karena area kulit yang lembap itu lho, Girls.

Gesekan antara pembalut dan kulit di area vagina yang sangat tipis dan lembap bisa menyebabkan kulit kering, kemerahan dan mengelupas. Kondisi ini adalah awal dari terjadinya iritasi. Sebenarnya hal ini bisa kamu hindari dengan cara memakai pembalut yang tepat, yaitu pembalut yang nggak cuma menampung cairan menstruasi, tapi juga bisa menjaga kesehatan kulit di area vaginamu, seperti pembalut Laurier Healthy Skin! Pembalut ini memiliki permukaan 3D pori bergelombang, sehingga bisa meningkatkan 80% sirkulasi udara ke area permukaan kulit di area vagina. Makanya pembalut akan tetap kering, kulit bebas lembap dan terhindar dari iritasi.

Sekarang udah jelas kan, kalau iritasi yang kamu alami saat menstruasi bukan cuma karena kebiasaanmu yang kurang sehat dalam menjaga kebersihan area vaginamu aja, tapi juga karena salah memilih jenis pembalut atau alergi. Mulai sekarang kamu harus lebih cermat  lagi dalam memilih pembalut dan rajin menjaga kebersihan vaginamu supaya nggak kena iritasi ya!

Jangan lupa ajak teman-temanmu untuk baca artikel ini, supaya mereka tau sebab dari iritasi di area vaginanya!

Related Articles
First Timer
13 Sep 2019

PDKT Sama Pembalut yuk!

Kamu pasti udah tau kan, kalau pembalut itu salah satu sahabat para cewek pas menstruasi? Tapi, kamu...
First Timer
26 Sep 2019

Sambut Menstruasi dengan Happy!

Kamu pernah mengalami bad day nggak sih, Girls? Di mana satu hari itu perasaan kamu tiba-tiba nggak ...
First Timer
25 Nov 2021

Seberapa Sabarkah Kamu?

Kata orang, sabar itu ada batasnya. Kamu mungkin merasa udah jadi orang yang sabar, tapi seberapa sa...