Ini Tandanya Kalau Kamu Mau Menstruasi!
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Ini Tandanya Kalau Kamu Mau Menstruasi!

Ini Tandanya Kalau Kamu Mau Menstruasi!

20 May 2019

Ini Tandanya Kalau Kamu Mau Menstruasi!

Sebelum menstruasi, biasanya tubuh bakal ngerasain gejala-gejala yang umumnya nggak muncul di keseharian kamu. Gejala ini menandakan kalau menstruasi kamu sebentar lagi bakal dateng. Apa aja sih, tanda-tandanya?

1.  Perut dan punggung bagian bawah terasa nyeri dan kram

Rasa nyeri dan kram di kedua bagian tubuh ini, paling sering dialami sama perempuan yang akan menstruasi. Biasanya, tanda ini bakalan muncul 1 – 2 hari sebelum menstruasi.

2.  Payudara terasa kencang dan nyeri

Sama kayak perut dan punggung, payudara juga bakal terasa nyeri pas menjelang menstruasi. Payudara bisa bengkak dan kadang terasa sakit. Tapi, penyebab hal ini masih belum diketahui, banyak yang menduga kalau tingginya kadar prolaktin (hormon menyusui) yang membuat munculnya gejala ini.

3.  Muncul jerawat

Munculnya jerawat adalah masalah umum yang biasa terjadi mendekati waktu menstruasi. Hal ini mungkin karena kadar hormon progesteron yang meningkat menjelang menstruasi. Hormon progesteron adalah hormon yang membuat kulit wajah memproduksi minyak (sebum) berlebih, jadi pori-pori tersumbat dan muncul jerawat di wajahmu.

4.  Perut terasa kembung

Nggak cuma nyeri dan kram aja, perut juga kadang terasa kembung sebelum menstruasi. Cara mengatasinya gampang kok, kamu cukup perbanyak makan buah dan sayur, serta rajin olahraga sebelum dan selama menstruasi.

5. Perubahan nafsu makan

Menjelang menstruasi biasanya nafsu makan kamu cenderung akan meningkat. Kayak misalnya kamu pengen makanan manis ataupun makanan yang asin.

6.  Mood swing

Mood swing berarti perubahan mood yang terjadi secara tiba-tiba. Kamu bakal jadi lebih sensitif, kayak gampang marah, tersinggung, kesal, nangis tanpa sebab, dan yang lainnya. Kamu juga bakal ngerasa cemas dan terlalu mikirin sesuatu yang sebenernya nggak perlu kamu pusingkan.

7. Mengalami gangguan tidur

Meski kamu terasa capek dan ngantuk, tapi menjelang menstruasi biasanya kamu akan susah untuk tidur malam. Hal ini karena adanya kombinasi perubahan hormon yang terjadi di tubuh kamu, ditambah lagi sama stres fisik karena tubuh yang capek dan stres emosional dari aktivitas seharian.

8.  Sakit kepala ringan

Seorang perempuan akan mengalami sakit kepala ringan sebelum menstruasi. Hal ini berhubungan sama perubahan kadar estrogen dalam tubuh yang bisa ngeganggu hormon di otak.

9.  Gangguan pencernaan

Beberapa perempuan biasanya mengalami gangguan pencernaan, kayak sembelit atau diare. Gejala ini terjadi karena meningkatnya hormon prostaglandin yang membuat usus berkontraksi, sehingga menyebabkan diare, dan peningkatan hormon progesteron yang bisa memicu sembelit.

10. Sulit konsentrasi dan mudah lelah 

Badan terasa gampang capek dan pikiran juga susah diajak berkonsentrasi, yang disebabkan karena stres fisik dan stres emosional yang muncul menjelang menstruasi.

Itu semua gejala yang biasanya dirasakan menjelang menstruasi. Kalau kamu yang mana yang biasanya kamu rasakan, Girls? Yuk share di kolom comment!

Related Articles

First Timer
26 Sep 2019

Malas Olahraga Pas Menstruasi? Duh, Nggak Zaman!

Kalau selama ini kamu masih menganggap olahraga pas menstruasi itu nggak berpengaruh apa-apa, berart...
First Timer
14 Jun 2019

4 Cara yang Bikin Kamu Lebih Santai Hadapi PMS!

Kamu tau nggak, Girls, kalau cewek mengalami tingkatan PMS yang beda-beda. Ada yang ringan banget, a...
First Timer
10 Oct 2019

Ada Apa Sama Tubuhku?!

Kalau kamu melihat banyak perubahan yang terjadi di tubuhmu setelah menstruasi pertama, kamu nggak p...