I am a Big Girl
ask dr laurier

I am a Big Girl

I am a Big Girl

16 Dec 2019

I am a Big Girl

Kalau dulu sebelum puber tubuhmu masih biasa-biasa aja, tapi setelah mengalami masa puber tubuhmu udah mulai terbentuk, iya kan, Girls? Perubahan pada tubuhmu ini dimulai dari pembesaran pada payudara dan pinggul, kulit pipi yang tadinya halus mulus, kini mulai berminyak, berjerawat dan dipenuhi komedo. Lalu pada bagian-bagian tubuh tertentu mulai tumbuh rambut-rambut halus (ketiak dan vagina), dan warna suara berubah. Perubahan fisik yang kamu alami ini, normal kok, Girls. Kondisi ini artinya kamu sedang bertumbuh menjadi perempuan dewasa. Proses pertumbuhan ini akan lengkap setelah kamu mendapatkan menstruasi yang pertama (menarche), yang menandakan kalau organ reproduksimu sudah matang.

  • Asal usul terjadinya perubahan pada tubuh

Sebenarnya, dua tahun sebelum kamu mengalami menstruasi, kelenjar hypothalamus dan kelenjar pituitary yang terdapat di otak, sudah mulai berfungsi, melakukan persiapan untuk mengubah kamu dari anak kecil menjadi perempuan dewasa. Kelenjar-kelenjar ini mulai memroduksi hormon, di antaranya hormon LH (luteinising) dan hormon FSH (follicel stimulating), hormon pertumbuhan inilah yang menyebabkan tinggi badanmu bertambah. Selanjutnya, tugas kedua hormon ini dilanjutkan oleh estrogen, hormon yang hanya diproduksi pada perempuan untuk merangsang pertumbuhan fungsi dan organ reproduksi.

  • Dilengkapi pertumbuhan non fisik.

Perkembangan intelektual. Kedewasaan secara fisik biasanya akan disertai perkembangan kemampuan berpikir dan menangani masalah. Kemampuan ini membuat kamu belajar banyak dari pengalaman sendiri dan juga pengalaman orang lain.

  1. Ingin mendapatkan perhatian. Menurut para ahli, perubahan fisik yang terjadi pada masa remaja menyebabkan munculnya kebutuhan untuk diperhatikan. Dampaknya adalah, kamu mulai melirik atau naksir kakak kelas yang pintar, atau bahkan mungkin berkhayal tentang dicium seorang cowok.
  2. Perkembangan emosional. Menurut G. Stanley Hall, psikolog yang berasal dari Amerika, remaja juga mengalami perkembangan emosional. Hasilnya, kamu mulai pintar menentukan standar, bagus-buruk, ketika menilai sesuatu. Kamu mulai punya pendapat dan keyakinan sendiri, nggak lagi pasrah menerima masukan dari orang tua atau guru. Perkembangan inilah yang suka keliru dicermati, membuat kamu dipandang pemberontak.

So, kalau semua ciri perkembangan ini udah kamu alami, maka kamu perlu bersiap-siap untuk menjadi dewasa. Tapi sabar ya, karena menjadi dewasa juga butuh proses. Sebaiknya, nikmati dulu masa remaja kamu, untuk menjalin hubungan yang akrab dengan keluarga dan teman, menentukan cita-cita atau tujuan hidup yang kamu inginkan ya, Girls!

Yuk, ajak teman-temanmu yang lain baca artikel ini ya, Girls! Supaya mereka juga mengetahui perubahan yang dialami mereka selama masa pubernya menuju dewasa!

Related Articles
First Timer
12 Sep 2019

Ada Apa Sama Kulitku Pas Menstruasi?

Girls, kamu pasti sadar kan, kalau menstruasi itu bisa menyebabkan berbagai hal sama tubuhmu. Keluha...
First Timer
13 Dec 2019

Perubahan Sifat Cairan Vagina di Setiap Siklus

Girls, sepanjang siklus reproduksi, dari yang masa puber sampai masa subur, tubuh cewek akan menghas...
First Timer
18 Dec 2019

Mitos vs Fakta Menstruasi, Mana yang Benar?

Girls, kamu pasti sering denger temen bilang “eh jangan minum air dingin kalo mens” atau...