Hutang yang Harus Dibayar Saat Menstruasi di Bulan Puasa
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Hutang yang Harus Dibayar Saat Menstruasi di Bulan Puasa

Hutang yang Harus Dibayar Saat Menstruasi di Bulan Puasa

06 Dec 2019

Hutang yang Harus Dibayar Saat Menstruasi di Bulan Puasa

Girls, kalau udah ngomongin puasa, biasanya buat kamu yang wajib menunaikannya, bakal nggak mau kalau menstruasi lama-lama, betul nggak nih, Girls? Hal ini karena, saat kamu menstruasi di bulan puasa akan terhitung sebagai hutang yang harus dilunasi sebelum puasa berikutnya berlangsung. Belum lagi kalau, menstruasi yang udah selesai dan kamu udah mempersiapkan diri untuk berpuasa, dan… tiba-tiba darah menstruasi muncul kembali. Bisa kebayangkan, Girls, betapa menyebalkannya hal itu? Untuk memastikan supaya hal itu nggak terjadi lagi, coba deh kamu baca penjelasan di bawah ini, Girls!

  • Lama menstruasi

Cara paling baik memastikan kapan benar-benar menstruasi selesai, dan kamu bisa mulai mempersiapkan diri untuk kembali berpuasa adalah dengan memerhatikan lamanya  durasi menstruasimu. Hal ini tentu saja akan diketahui secara pasti kalau kamu sebelumnya rajin mencatat jumlah hari selama menstruasi berlangsung. Rata-rata cewek akan mengalami menstruasi selama 5 - 7 hari. Tetapi sebenarnya secara medis, menstruasi yang normal berlangsung antara 3 - 10 hari. Kalau merasa sudah bersih, dan tiba-tiba terlihat darah menstruasi lagi, kamu nggak perlu cemas. Hal ini bisa saja disebabkan karena darah menstruasi belum semua keluar. Pastikan saja sejak hari pertama menstruasi, hingga benar-benar selesai nggak lebih dari 10 hari ya, Girls. Jadi hutang puasa paling banyak bagi seorang cewek yang berhubungan dengan menstruasi adalah 10 hari.

  • Kalau menstruasi berlangsung lebih lama

Saat kamu mengetahui kalau masa menstruasimu berlangsung lebih lama dari 10 hari, sangat penting hal itu diketahui oleh mama. Kemudian ajak beliau menemanimu ke dokter untuk mengatasi kondisi ini. Hal terpenting yang perlu diperhatikan selama menstruasi di bulan puasa, adalah kamu perlu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuhmu. Supaya bisa mempersiapkan kondisi lebih baik saat mulai menjalankan puasa nanti, Girls

So, udah tau kan, Girls, berapa hari yang harus kamu bayar saat menstruasi di bulan puasa? Kamu nggak perlu kesal kalau belum bisa ikutan puasa. Sebaiknya gunakan masa menstruasimu ini untuk mempersiapkan ibadah puasamu nanti setelah menstruasimu selesai, sehingga kamu nggak perlu berhutang lagi karena lemas atau sakit ya, Girls!

Yuk, share artikel ini ke teman-temanmu, Girls! Supaya mereka juga bisa mempersiapkan diri untuk bayar hutang saat menstruasi di bulan puasa.

Related Articles

First Timer
29 Nov 2019

Muncul Bercak Cokelat Padahal Nggak Menstruasi, Kenapa ya?

Girls, kamu pernah nggak menemukan bercak kecokelatan di pakaian dalammu, tapi terjadi di luar siklu...
First Timer
18 Dec 2019

Pemicu Kembung Menjelang Menstruasi

Menjelang menstruasi kamu pernah merasa tiba-tiba kembung nggak, Girls? Kalau iya, kamu nggak perlu ...
First Timer
29 Nov 2019

Menstruasi di Kelas? Nggak Masalah tuh!

Kamu pernah nggak, tiba-tiba merasa nggak nyaman saat duduk pas lagi asik menyimak pelajaran favorit...