Hindari 4 Hal Ini Supaya Miss V Nggak Cedera!
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Hindari 4 Hal Ini Supaya Miss V Nggak Cedera!

Hindari 4 Hal Ini Supaya Miss V Nggak Cedera!

30 Sep 2019

Hindari 4 Hal Ini Supaya Miss V Nggak Cedera!

Girls, kamu pernah nggak sih, mengalami cedera di sekitar vaginamu tapi kamu nggak sadar sama penyebabnya? Padahal udah terlindung sama pakaian yang kamu gunakan supaya selalu merasa nyaman dan bebas dari cedera, tapi tiba-tiba vaginamu bengkak atau iritasi.  Hmm...gara-gara apa ya? Sebenarnya vagina memang gampang mengalami cedera lho, Girls! Hal itu bisa terjadi dan nggak kamu sadari saat kamu melakukan beberapa kegiatan seperti di bawah ini:

  • Bersepeda

Hasil penemuan para ahli dari Yale University, Amerika menyatakan kalau aktivitas bersepeda yang terlalu sering bisa menekan saraf-saraf yang ada di area pubismu dan menyebabkan sensitivitas vagina menghilang, akhirnya terasa nyeri. Good news-nya, kondisi ini cuma berlangsung sementara aja, Girls. Kamu bisa menghindari nyeri karena bersepeda ini dengan berjalan kaki sekitar lima menit saat area vaginamu udah mulai terasa nyeri.

  • Pakai toilet yang bersih

Hati-hati, Girls, cairan pembersih toilet juga bisa memicu iritasi pada vaginamu lho! Hal ini disebabkan karena cairan pembersih mengandung pemutih dan antibakteri yang bereaksi keras terhadap kulit. Makanya, kamu disarankan supaya selalu menyempatkan waktu untuk membersihkan dudukan toilet dengan tisu sebelum kamu menggunakannya.

  • Pakai celana dalam yang nggak tepat

Celana dalam yang terlalu ketat bisa menyebabkan gesekan pada permukaan kulit di sekitar vaginamu, dan akhirnya memicu iritasi. Penggunaan celana dalam yang ukurannya lebih kecil dan terbuat dari bahan sintetis sering memicu kondisi iritasi.

  • Merapikan bulu pubis dengan mencukur atau waxing

Langkah untuk merapikan bulu pubis yang disarankan adalah dengan mengguntingnya, Girls. Cara lain yang lebih populer seperti waxing dan mencukur justru nggak disarankan. Saat melakukan waxing, penggunaan lilin yang terlalu panas bisa berisiko membakar kulit sekitar vagina yang sensitif. Atau saat kamu melakukannya kurang teliti, kulit ari di sekitar vaginamu bisa terkelupas bersamaan dengan diangkatnya lilin dan rambut pubis. Sedangkan kalau kamu coba mencukur dengan pisau, kemungkinan bisa berisiko luka di permukaan karena kulit tergores pisau cukur. Luka terbuka di area ini akan terasa nggak nyaman dan bisa jadi infeksi karena lembap.

Mungkin kamu nggak menyangka sama beberapa kegiatan di atas yang ternyata bisa membuat area vaginamu cedera, iya kan, Girls? Makanya, mulai sekarang kamu harus selalu memastikan kegiatan dan pakaian yang kamu gunakan itu aman ya, supaya kamu tetap sehat dan bisa beraktivitas dengan nyaman!

Yuk, share artikel ini ke teman-temanmu supaya mereka juga tau hal-hal yang bisa menyebabkan cedera di area vaginanya!

Related Articles

First Timer
17 Jun 2019

Berat Badan Ada Hubungannya Sama Siklus Menstruasi?

Setiap cewek pasti bakalan takut kalau berat badannya bertambah, benar nggak, Girls? Biasanya karena...
First Timer
14 Jun 2019

5 Tips Pilih Merk Pembalut yang Aman Dipakai

Salah satu barang wajib yang cewek harus punya pas lagi menstruasi pastinya adalah pembalut! Kalau l...
First Timer
10 Oct 2019

4 Hal Baru yang Dialami Pas Masuk Masa Remaja

Kalau mood kamu tiba-tiba gampang berubah, pasti kamu langsung menghubungkan sama datangnya menstrua...