ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Haruskah Alami PMS Sebelum Menstruasi?

Haruskah Alami PMS Sebelum Menstruasi?

05 Dec 2019

Haruskah Alami PMS Sebelum Menstruasi?

Girls, sampai saat ini sebenarnya belum dapat dipastikan pemicu utama seorang perempuan mengalami PMS. Namun berdasarkan data medis, diyakini bahwa kondisi tersebut dipicu oleh naik turunnya kadar hormon. Setelah seorang cewek selesai menstruasi, kadar hormon estrogen dan progesteron di dalam tubuh berangsur-angsur naik. Namun, sekitar satu minggu sebelum menstruasi mulai, kedua hormon ini drastis turun. Diperkirakan perubahan kadar hormon yang ekstrem inilah yang menyebabkan berbagai gejala pra-menstruasi.

Hmm…terus, kalau semua cewek mengalami naik turunnya kadar hormon yang sama, mengapa hanya sebagian cewek yang mengalami PMS, dan sebagian lagi nggak mengalami? Berdasarkan fakta di atas, pada ahli menyimpulkan bahwa para cewek yang mengalami PMS adalah mereka sensitif terhadap perubahan kadar hormon yang ekstrem itu. Sekalipun demikian, PMS bukanlah kondisi yang nggak bisa diatasi. Kalau kamu mengalaminya, lakukan segera langkah-langkah ini untuk meredakan PMSmu, Girls!

  • Mengonsumsi makanan bernutrisi seimbang yang terdiri dari banyak buah dan sayur.
  • Menghindari fast food
  • Mengurangi asupan garam, karena garam bisa menyebabkan pengumpulan cairan yang menyebabkan kembung, dan minum banyak air.
  • Membatasi kafein, unsur ini akan merangsang kamu menjadi lebih aktif dan memicu kecemasan.
  • Cukup tidur
  • Berolahraga rutin setiap hari
  • Meditasi atau teknik relaksasi untuk menenangkan diri.

Nah, sekarang udah tau kan, Girls, kenapa kamu mengalami PMS menjelang mentruasimu? Kamu nggak perlu khawatir, Sebenarnya PMS juga bisa diredakan secara instan dengan obat pereda nyeri yang khusus dibuat untuk mengatasi gangguan menstruasi. Tapi, kalau kamu mengalami nyeri menjelang menstruasi yang sangat serius, sebaiknya segera periksakan dirimu ke dokter ya, Girls! Supaya dapat dipastikan bahwa kondisi tersebut nggak dipicu gangguan kesehatan lain yang lebih serius.

Yuk, share artikel ini ke teman-teman cewekmu, Girls! Supaya mereka juga bisa mengetahui pemicu terjadinya PMS yang mereka alami dan bisa mengatasinya!

Related Articles

First Timer
23 Sep 2019

PMS atau Menstruasi? Siklus atau Durasi? Duh, Bingung!

“Aku PMS hari pertama tanggal 10 kemarin, dan siklusku cuma berlangsung lima hari doang”...
First Timer
02 Oct 2019

Cokelat Lezat Bikin PMS Minggat

Girls, kamu sering nggak sih, tiba-tiba ingin makan cokelat sampai rasanya seperti ngidam? Terus beb...
First Timer
13 Sep 2019

PDKT Sama Pembalut yuk!

Kamu pasti udah tau kan, kalau pembalut itu salah satu sahabat para cewek pas menstruasi? Tapi, kamu...