Hari Pertama Menstruasi Itu Penting Nggak sih?
ask dr laurier

Hari Pertama Menstruasi Itu Penting Nggak sih?

Hari Pertama Menstruasi Itu Penting Nggak sih?

14 Oct 2019

Hari Pertama Menstruasi Itu Penting Nggak sih?

Mengetahui kapan datangnya hari pertama menstruasi itu penting lho, Girls! Kenapa sih? Karena info sederhana ini nantinya bisa jadi patokanmu untuk beberapa hal. Hmm...kira-kira apa aja tuh?

  • Memantau siklus menstruasi

Kamu tau apa itu siklus menstruasi kan, Girls? Siklus menstruasi adalah periode berulang yang dialami setiap cewek. Cara untuk mengetahuinya adalah dengan menghitung jumlah hari dari hari pertama menstruasi sekarang, sampai hari pertama menstruasi berikutnya. Di usia remaja, siklus menstruasi memang cenderung belum teratur. Tapi, kalau kamu udah mengetahui siklus menstruasimu, maka kamu bisa mempersiapkan diri supaya nggak terjadi ‘kecelakaan’ nantinya.

Contoh menghitung siklus menstruasi yang benar adalah, kalau hari pertama menstruasimu di bulan Oktober adalah tanggal 3, dan hari pertama menstruasi selanjutnya jatuh pada bulan November tanggal 6, maka jumlah hari antara dua menstruasimu adalah 35 hari. Berarti, setiap 35 hari kamu akan mengalami menstruasi. Paham kan, Girls?

  • Memahami kondisi kesehatan reproduksi

Kesehatan reproduksimu sebenarnya bisa dipantau dari gejala perubahan cairan vagina. Kalau tiba-tiba terjadi perubahan sifat cairan menjadi lebih kental, maka itu adalah masa suburmu. Kalau kamu nggak bisa melihat perubahan cairan ini, dengan mengetahui kapan hari pertama menstruasimu, sebenarnya kamu juga bisa tau kapan masa suburmu tiba lho.

Setelah tau hari pertama menstruasimu, pasti kamu jadi bisa menghitung siklus menstruasimu sendiri. Kamu bakal tau, kapan hari pertama menstruasimu selanjutnya, iya kan? Nah, masa subur terjadi tepat dua minggu sebelum menstruasimu selanjutnya, Girls. Dengan mengetahui kapan hari pertama menstruasimu, kamu juga nggak perlu khawatir kalau tiba-tiba merasa nyeri atau kram perut menjelang menstruasi.

Mengetahui kapan datangnya hari pertama menstruasi ternyata hal yang penting kan, Girls? Mulai sekarang, kamu bisa menandai siklus menstruasimu di kalender HP-mu. Atau kalau mau lebih praktis lagi, kamu bisa pakai aplikasi Menstrual Diary dari Laurier. Dengan sekali mengisi data kapan hari pertama menstruasimu, maka tiga hari sebelumnya kamu akan diingatkan melalui aplikasi tersebut lho! Asyik banget kan, Girls? So, don’t forget to download Menstrual Diary!

Jangan lupa ajak teman-temanmu untuk baca artikel ini ya, supaya mereka selalu mencatat kapan hari pertama menstruasinya di setiap siklus!

Related Articles
First Timer
16 Sep 2019

Resep Sehat Buat PMS Minggat

Menjelang menstruasi, cewek biasanya mengalami gejala PMS seperti kembung, kram, moody dan merasa ng...
First Timer
14 Aug 2019

Rahasia Si ‘Masa Subur’

Girls, siklus menstruasi yang dialami perempuan sebenarnya proses yang sangat hebat lho! Kenapa? Kar...
First Timer
04 Jun 2021

Sering Telat Menstruasi? Ini Penyebab dan Solusinya

Aduh, kok menstruasi bulan ini lumayan telat dari biasanya ya? Apa jangan-jangan karena kebanyakan m...