Gatal di Area Vagina? Yuk, Lakukan 5 Cara Ini!
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Gatal di Area Vagina? Yuk, Lakukan 5 Cara Ini!

Gatal di Area Vagina? Yuk, Lakukan 5 Cara Ini!

06 Dec 2019

Gatal di Area Vagina? Yuk, Lakukan 5 Cara Ini!

Kamu sering merasa gatal di area vagina pas lagi menstruasi nggak, Girls? Kondisi ini emang umum banget dialami sama para cewek. Rasa gatal di sekitar vagina ini bisa dipicu karena kondisi kulit yang lembap, sehingga membuat reaksi jamur dan bakteri yang ada di permukaan kulit menjadi aktif dan menyebabkan kulit terinfeksi, kemerahan atau bahkan bersisik. Iritasi dan infeksi kulit di area vagina pasti bikin harimu jadi nggak nyaman, apalagi kamu harus memakai pembalut sepanjang hari. Nah, supaya kamu terhindar dari rasa gatal di area vaginamu, lakukan cara-cara di bawah ini yuk!

  • Keringkan kulit di area vagina

Kamu harus selalu memastikan permukaan kulit vaginamu nggak terlalu lama dalam kondisi lembap. Karena kulit yang lembap bisa menyebabkan infeksi dan rasa gatal yang terus menerus. Keringkan area vaginamu setiap kali selesai BAK, BAB atau sebelum mengganti pembalut. Nggak cuma itu aja, kamu juga harus pakai celana dalam yang bahannya terbuat dari serat alami supaya sirkulasi udara di area vagina nggak terhambat dan kulit jadi bebas lembap.

  • Bersihkan area vagina dengan gerakan yang benar

Gerakan yang benar saat kamu membersihkan area vagina adalah dari arah depan ke belakang. Karena kalau kamu melakukan gerakan yang sebaliknya, malah bisa meningkatkan risiko bakteri dari saluran pembuangan berpindah ke area vagina. So, pastikan kamu melakukannya dengan benar ya, Girls!

  • Jangan memakai pembersih yang berpewangi

Kulit di area vagina yang gatal bisa dipicu karena terkena unsur-unsur kimia seperti pewangi. Kamu harus memastikan kalau pembersih yang kamu pakai untuk mencuci celana dalammu nggak mengandung unsur pewangi, supaya kamu nggak terkena risiko gatal atau infeksi di area vaginamu.

  • Pilih pembalut yang bisa menjaga kesehatan area vaginamu

Salah satu pembalut yang bisa menjaga kesehatan area vaginamu adalah Laurier Healthy Skin. Pembalut ini nggak mengandung unsur pewangi dan memiliki permukaan 3D pori bergelombang, sehingga bisa meningkatkan 80% sirkulasi udara ke permukaan kulit di area vaginamu. Jadi, pembalut akan tetap kering, dan kulitmu bakal bebas lembap serta terhindar dari gatal atau iritasi!

  • Langsung mengganti pakaian yang basah

Pakaian yang basah, terutama celana dalam bisa menyebabkan kulit menjadi lembap, sehingga memicu terjadinya infeksi dan iritasi kulit di area vaginamu. Jadi kalau pakaianmu basah, jangan lupa untuk langsung menggantinya dengan pakaian yang kering dan bersih ya, Girls! Supaya kamu terhindar dari risiko gatal-gatal dan iritasi.

Menggaruk adalah salah satu hal yang pasti kamu lakukan saat merasakan gatal di area vagina. Benar nggak, Girls? Mulai sekarang kamu jangan melakukannya ya! Karena hal itu cuma akan membuat ruam dan luka di area kulit yang teriritasi, sehingga bisa terjadi infeksi yang lebih parah. Akhirnya, harimu malah makin nggak nyaman deh! Kamu nggak mau hal itu terjadi kan? Makanya lakukan aja cara-cara di atas, supaya area vaginamu tetap sehat dan kamu bisa beraktivitas dengan nyaman!

Yuk, ajak teman-temanmu untuk baca artikel ini supaya mereka terhindar dari risiko gatal di area vaginanya!

Related Articles

First Timer
10 Dec 2019

Siklus Nggak Teratur Menjelang Solat Ied? Bisa Dihitung Kok!

Girls, kalau siklus menstruasimu nggak teratur, alias nggak selalu datang setiap bulan, pastinya bik...
First Timer
14 Jan 2020

Duh, Kenapa Pas PMS Selalu ada “Pengganggu”?

Setiap menjelang menstruasi, hampir sebagian besar cewek kedatangan ‘pengganggu’ atau ya...
First Timer
01 Aug 2019

Masa sih, Menstruasi Pertama Itu Pasti Nyeri?

Salah satu topik tentang menstruasi yang sering dibahas para cewek adalah menstruasi pertama yang ka...