Ganti Pembalut Tiap Habis BAK Itu Wajib Nggak sih?
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Ganti Pembalut Tiap Habis BAK Itu Wajib Nggak sih?

Ganti Pembalut Tiap Habis BAK Itu Wajib Nggak sih?

12 Sep 2019

Ganti Pembalut Tiap Habis BAK Itu Wajib Nggak sih?

Walaupun udah sering mengalami menstruasi, kamu pasti masih suka merasa nggak nyaman kan, Girls? Hal ini biasanya diebabkan sama rasa lembap karena cairan vagina dan keringat. Apalagi rasa lembap ini juga makin terasa setiap kamu habis pipis. Duh, bikin malas beraktivitas deh! Mungkin kamu masih bertanya-tanya soal mengganti pembalut setiap selesai buang air kecil. Hmm...sebenarnya perlu nggak sih, hal ini dilakukan para cewek pas menstruasi?

Nah, menurut para medis, mengganti pembalut setiap selesai buang air kecil ini nggak wajib kok. Hal yang disarankan untuk para cewek pas menstruasi adalah mengganti pembalut setiap empat jam sekali. Batas waktu ini dipastikan sebagai kondisi di mana sifat flora kulit, bakteri, virus dan jamur berubah yang awalnya baik menjadi bersifat patogen (merusak kulit). Jadi, intinya kamu harus memastikan untuk menjaga area vaginamu nggak lembap tanpa harus selalu mengganti pembalut setelah kamu buang air kecil, seperti melakukan beberapa cara di bawah ini:

  • Bersihkan area kulit sekitar vagina dengan air bersih. Kalau nggak ada air bersih, kamu bisa memakai tisu basah yang punya kandungan antiseptik. Jangan lupa, bersihkan area luarnya aja ya, Girls!

  • Arah gerakan saat membersihkan area vagina adalah dari depan ke belakang. Ingat, jangan sebaliknya! Kalau kamu melakukan sebaliknya, malah berisiko kuman dari saluran pembuangan pindah ke area vagina dan bisa memicu infeksi. Ih...kamu nggak mau hal itu terjadi kan?!

  • Keringkan area vagina. Setelah dibersihkan dengan air atau tisu basah, jangan lupa untuk mengeringkan area vaginamu sampai nggak ada lagi bagian yang lembap.

Kalau kamu sering buang air kecil dan sampai empat jam sekali, boleh aja kamu sambil mengganti pembalut, Girls. So, mengganti pembalut ini patokannya nggak harus selalu setelah selesai buang air kecil ya, tapi yang benar adalah tiap empat jam sekali!

Share artikel ini ke teman-temanmu yuk, supaya mereka tau info tentang ini!

Related Articles

First Timer
17 Dec 2021

Lendir Serviks, Tanda Penyakit atau Masa Subur?

Berbicara soal organ intim wanita, perlu diketahui ada cairan yang biasa keluar dari vagina selain d...
First Timer
25 Nov 2019

Siklus Menstruasiku Udah Teratur Apa Belum ya?

Girls, kamu mungkin pernah mengalami menstruasi yang nggak teratur, dan saat itu kamu belum bisa mem...
First Timer
20 Nov 2019

3 Tips Jaga Kestabilan Mood Kamu Pas Menstruasi

Selama siklus menstruasi, kamu pasti pernah merasakan emosi yang naik turun kan, Girls?  Termas...