ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Feeling Comfort Pas PMS Menyerang

Feeling Comfort Pas PMS Menyerang

18 Nov 2019

Feeling Comfort Pas PMS Menyerang

Girls, kamu pernah nggak sih, mengalami hari yang sangat buruk? Di mana kamu merasa jadi orang yang paling malang sedunia. Mau ngerjain ini itu pasti serba salah dan berakhir dengan marah-marah. Tapi setelah bad day-mu itu udah lewat, besoknya ternyata kamu menstruasi, dan kamu baru sadar kalau itu adalah tanda-tanda PMS. Padahal bisa jadi pas kamu marah-marah ada orang yang tersakiti karena sikapmu lho.

Nggak enak banget kan, Girls, kalau terlalu sering bersikap kayak gini? Nah, lebih baik siapkan senjata sebelum PMS menyerang yuk! Hmm….gimana caranya sih?

  • Cukup tidur

Girls, saat usia remaja, kamu memang butuh lebih banyak tidur dibandingkan orang dewasa atau anak-anak. Kamu perlu tidur minimal 8 jam setiap malam. Tidur akan menjaga kesehatan mentalmu supaya tetap seimbang. Kamu jadi lebih tahan terhadap stres, seperti emosimu akan lebih stabil dan nggak bereaksi berlebihan terhadap naik turunnya kadar hormon menjelang menstruasimu. So, biar harimu nggak cranky, sebaiknya pas PMS kamu jangan tidur terlalu malam ya!

  • Hindari stres

Stres adalah hal yang dialami tubuhmu saat menerima suatu hal yang berlebihan, seperti tugas sekolah yang menumpuk, atau kecapekan karena aktivitas ekskulmu. Nah, semua itu bisa memicu tubuh dan pikiranmu jadi stres. Sebenarnya kamu bisa mengatasi kondisi ini kalau pikiranmu lebih tenang. Ada berbagai macam cara untuk menenangkan diri saat stres, misalnya olahraga, mendengarkan lagu favorit, dan mandi air hangat dengan aromaterapi. Lakukanlah tips ini pas menjelang menstruasi ya, Girls!

  • Mengendalikan diri

Kendali emosi memang cenderung longgar akibat naik turunnya hormon menjelang menstruasi. Tapi, ada tips untuk menyiasati kondisi ini kok, Girls! Caranya adalah dengan mengetahui kapan masa PMS-mu bakal datang.

Kamu tinggal tandai tanggal hari pertama menstruasimu di kalender, lalu hitung mundur 10 hari sebelumnya. Nah, inilah masa tubuhmu bakal mengalami PMS. Ada kemungkinan juga emosimu mulai nggak stabil, dan kamu merasa nggak nyaman. Atau bisa juga kamu belum merasakan apapun, alias kamu baik-baik aja dan masih bisa mengendalikan emosi. Tapi, kamu tetap harus bisa menyadarinya ya, Girls! Jadi, kalau kamu nantinya mulai merasa nggak nyaman dan sensitif, kamu bisa mengingatkan diri sendiri untuk memastikan apakah suasana hatimu benar-benar nggak OK, atau cuma sekadar moody karena PMS.

Nah, mulai sekarang kalau kamu mengalami kondisi ini, coba lakukan tiga tips di atas ya, Girls! Supaya kamu bisa mempersiapkan diri dan menjalani aktivitas lebih nyaman pas PMS itu datang. Let’s enjoy your day!

Yuk, ajak teman-teman cewekmu untuk baca artikel ini, Girls! Supaya mood-nya nggak makin parah pas PMS datang!

Related Articles

First Timer
16 Dec 2019

I am a Big Girl

Kalau dulu sebelum puber tubuhmu masih biasa-biasa aja, tapi setelah mengalami masa puber tubuhmu ud...
First Timer
21 Dec 2009

Menstruasiku Normal Nggak ya?

Ada yang bilang kalau durasi menstruasi tiap cewek itu beda-beda. Emang bener? Yap! Ini bener kok. A...
First Timer
23 Aug 2019

6 Hal yang Sering Dikeluhkan Cewek Pas Menstruasi

Biasanya hal apa aja sih, yang kamu keluhkan pas lagi menstruasi, Girls? Hmm...kebanyakan cewek past...