Fakta Unik Tentang Miss V
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Fakta Unik Tentang Miss V

Fakta Unik Tentang Miss V

03 Oct 2019

Fakta Unik Tentang Miss V

Sebagai bagian dari sistem reproduksi, vagina adalah organ yang paling luar. Mulai dari letak, bentuk sampai fungsinya, sistem reproduksi yang satu ini memang unik dan spesial. Tapi karena masih dianggap sebagai hal yang aneh untuk dibicarakan, jadi banyak fakta yang belum para cewek tau dengan benar deh. Nah, berikut ini ada beberapa fakta unik yang bisa bikin kamu jadi makin banyak tau tentang vagina, Girls!

  • Peka. Hal ini disebabkan karena di area vagina terdapat 8.000 ujung saraf. Saraf-saraf itu adanya di klitoris, yaitu bagian yang menonjol pada area mulut vagina.

  • Sistem pembersihan alami. Setiap harinya, vaginamu akan memproduksi cairan yang punya aroma khas bernama cairan vagina. Fungsinya adalah untuk membersihkan vagina secara alami dan menjaga kesehatannya. Para cewek sering menyebutnya sebagai keputihan. Kalau kamu menemukan cairan itu keluar setiap hari dari vagina, kamu nggak perlu khawatir karena itu kondisi yang normal kok, Girls.

  • Pelembap alami. Ternyata vagina itu punya kesamaan dengan ikan hiu lho! Ihh...kok, terdengar aneh ya? Hal ini dikarenakan pada minyak hati ikan hiu terdapat senyawa organik bernama squalene yang juga ada pada cairan yang diproduksi vagina saat terjadi rangsangan. Squalene ini dikenal sebagai pelembap kulit yang bagus banget, sehingga sering dipakai pada produk pelembap kulit.

  • Otot elastis. Ada pendapat yang bilang kalau setelah seorang cewek melahirkan, maka vaginanya akan mengendor. Hmm...pendapat itu sama sekali nggak benar, Girls! Vagina itu elastis banget dan bentuknya nggak akan berubah. Kalau terjadi peregangan pada vagina maka bentuknya akan kembali seperti semula sesuai sama kekuatan otot di area vaginamu.

  • Berkeringat. Di bawah kulit labia dan klitoris ada ribuan kelenjar yang memproduksi minyak dan keringat. Fungsinya adalah untuk menormalkan suhu dan melindungi kulit di sekitar vaginamu saat ada gesekan yang terjadi.

Setelah membaca fakta-fakta di atas, pengetahuanmu tentang vagina jadi bertambah kan, Girls? Nah, supaya vaginamu tetap sehat, kamu harus merawatnya dengan benar ya, terutama pas menstruasi. Karena saat menstruasi vaginamu akan lebih sensitif dan gampang kena risiko iritasi. So, keep your healthy, Girls!

Ajak teman-temanmu untuk baca artikel ini yuk, supaya mereka tau fakta unik tentang vagina!

Related Articles

First Timer
06 Sep 2019

Selama Menstruasi, Butuh Berapa Pembalut ya?

Girls, kamu pasti udah paham banget kan, kalau pembalut adalah salah satu benda yang harus selalu di...
First Timer
23 Sep 2019

PMS atau Menstruasi? Siklus atau Durasi? Duh, Bingung!

“Aku PMS hari pertama tanggal 10 kemarin, dan siklusku cuma berlangsung lima hari doang”...
First Timer
12 Sep 2019

Kenapa ya, Dadaku Nyeri Menjelang Menstruasi?

Dalam istilah medis, rasa nyeri di daerah payudara disebut dengan mastalgia. Kondisi ini merupakan g...