ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Fakta Lain Dibalik Menstruasi

Fakta Lain Dibalik Menstruasi

04 Dec 2019

Fakta Lain Dibalik Menstruasi

Girls, menstruasi memang nggak dialami berdasarkan usia tertentu lho! Karena sebenarnya berdasarkan kematangan sistem reproduksi. Rata-rata cewek mengalaminya antara usia 8 - 14 tahun, dan paling lambat mengalaminya di akhir usia 18 tahun. Kalau lebih lambat dari usia akhir 18 tahun, atau lebih cepat dari 8 tahun, maka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter Obgyn (ahli kebidanan). Selain fakta utama tersebut, ada beberapa fakta lain yang sebaiknya kamu ingat, Girls!

  • Pada tahun-tahun pertama mengalami menstruasi, kebanyakan cewek memang nggak mengalami siklus menstruasi yang teratur, Girls. Tapi kalau menstruasimu nggak datang selama 2 siklus berturut-turut, atau jaraknya terlalu pendek, kondisi ini sebaiknya segera dikonsultasikan ke dokter.
  • Rata-rata cewek memiliki siklus menstruasi 28 hari, berarti setiap 28 hari mereka mengalami menstruasi. Jadi, dalam setahun bisa mengalami minimal 13 kali menstruasi.
  • Secara medis, siklus menstruasi yang paling pendek bisa berulang setiap 15 hari, dan yang paling panjang berulang setiap 45 hari. Karena siklus menstruasi yang normal sebenarnya antara 21 – 35 hari, Girls.
  • PMS bukan mitos, tapi pada sebagian cewek dirasakan berlebihan. Jenis PMS dibagi jadi 2, ada yang memengaruhi fisik, seperti kembung, kram, pengumpulan cairan, kenaikan suhu tubuh, dan gangguan kulit. Sedangkan, jenis yang lain adalah yang memengaruhi emosi, dikenal sebagai mood swing, akibat suasana hati yang gampang berubah.
  • Kram saat menstruasi adalah hal yang wajar dialami setiap cewek, cuma kadarnya aja yang berbeda-beda, Girls.
  • Sekalipun terlihat banyak, darah menstruasi sebenarnya cuma sebanyak 4 - 6 sendok makan lho! Sedangkan yang lain adalah air dan jaringan selaput dalam dinding rahim.
  • Menstruasi adalah bagian dari siklus reproduksi, yaitu proses membersihkan rahim sebelum memulai siklus reproduksi yang baru.

Dari fakta di atas, mana yang baru kamu tau nih, Girls? Semoga penjelasan tersebut udah jelas dan nggak bikin kamu panik lagi kalau ada hal-hal yang berhubungan dengan kondisi ini ya. Kalau kamu mengalami gejala yang nggak pernah kamu alami sebelumnya saat menstruasi, jangan lupa segera periksakan ke dokter ya! Enjoy your red day, Girls!

Yuk, bagikan artikel ini ke teman-teman kamu, Girls! Supaya mereka juga tau fakta lain tentang menstruasi yang perlu diingat!

Related Articles

First Timer
13 Sep 2019

Prepare Menjelang Menstruasi

Menjelang atau beberapa hari di awal menstruasi, para cewek memang merasakan berbagai gejala yang bi...
First Timer
17 Jul 2020

Apakah Aku Terlambat Mengalami Menarche?

Kamu udah mengalami menarche, Girls? Hmm….kira-kira kamu termasuk cewek yang telat mengalami ...
First Timer
19 Nov 2019

Duh! Kenapa ya BAB ku Nyeri Saat Menstruasi?

Nyeri saat BAB di masa menstruasi memang mungkin dialami lho, Girls. Kondisi ini bisa bikin jadi ngg...