ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Fakta Kram Menstruasi yang Nggak Kamu Tahu!

Fakta Kram Menstruasi yang Nggak Kamu Tahu!

06 Dec 2019

Fakta Kram Menstruasi yang Nggak Kamu Tahu!

Saat memasuki periode menstruasimu, di awal siklus kamu mengalami kram perut yang nyeri banget, nggak heran hal itu bisa bikin harimu jadi nggak nyaman, iya kan, Girls? Kalau kamu pernah mengalami kram saat menstruasi, jangan panik dulu ya, Girls, kondisi ini sebenarnya memang wajar kok kamu alami. Nah, untuk lebih mengenal kram menstruasi yang kamu alami, ada beberapa fakta tentang kram yang harus kamu ketahui nih, Girls.

  • Kram menstruasi yang relatif berat dan menyebabkan nyeri hebat secara medis dikenal sebagai Dysmenorrhea.
  • Kram yang dialami setiap kali menstruasi, baik ringan ataupun berat sebenarnya terkategori normal. Kondisi ini disebabkan karena otot perut menegang akibat berkontraksi mengeluarkan darah menstruasi dari dalam rahim.
  • Kram menstruasi dapat terjadi sejak beberapa hari sebelum sampai beberapa hari di awal menstruasi berlangsung.
  • Mencatat terjadinya kram menstruasi setiap kali terjadi dapat membantu dokter mendiagnosa pemicu kram kamu lho, Girls.
  • Stres dapat memicu terjadinya kram menstruasi yang semakin intens.
  • Pada umumnya kram menstruasi bisa segera diatasi dengan obat-obatan pereda nyeri yang dibuat khusus untuk mengatasi nyeri menstruasi. Atau kalau kamu sedang berada di rumah, kamu bisa menggunakan kompresan panas, lalu diletakkan pada bagian yang perut  kram. Suhu tinggi diketahui bisa merelaksasi otot, sehingga secara otomatis kram akan mereda.
  • Kalau kamu mengalami kram yang disertai demam saat menstruasi, sebaiknya jangan diabaikan, Girls, sebaiknya kamu katakan pada mama, dan minta diantarkan ke dokter.

Nah, udah tau kan, fakta dari kram saat menstruasi? Setiap kali kamu mengalami kram menstruasi, atau sekadar ingin bertanya tentang kram menstruasi, kamu dapat mengirimkan pertanyaanmu ke dr Laurier di https://menstruasi.com/Home/askDrLaurier ya, Girls!

Yuk, Girls, ajak teman-teman kamu untuk baca artikel ini! Supaya mereka juga mengetahui fakta-fakta dari kram menstruasi yang belum mereka ketahui.

Related Articles

First Timer
05 Sep 2019

Fakta Penting Tentang Cairan Miss V

Fyi, Girls, sebelum memasuki masa puber, kamu akan melihat perubahan pada tubuhmu seperti payudara b...
First Timer
18 Sep 2019

Berapa Banyak ya, Cairan yang Dibutuhkan Pas Menstruasi?

Girls, kamu harus tau nih, kalau para ahli kesehatan reproduksi menyarankan supaya kamu memenuhi keb...
First Timer
11 Dec 2019

5 Gejala PMT atau Pre-Menstrual Tension

Girls, setiap menjelang menstruasi, kamu pernah nggak sih, Merasa nggak nyaman karena, emosimu campu...