ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Fakta Dibalik Mitos Tentang Masa Puber

Fakta Dibalik Mitos Tentang Masa Puber

27 Nov 2019

Fakta Dibalik Mitos Tentang Masa Puber

Girls, seiring dengan pertumbuhan fisik yang kamu alami di masa puber, pasti banyak perubahan yang terjadi pada tubuhmu, iya kan? Kadang kamu bingung apa yang harus dilakukan saat mengalami perubahan, karena nggak punya sumber info yang jelas. Alhasil, kamu akhirnya terjebak sama mitos-mitos yang kamu dengar dari orang-orang sekitar. Nah, biar kamu nggak terjebak lagi, berikut ini fakta dibalik mitos-mitos itu!

  • Mitos: Puber seharusnya dialami cewek pada usia 10 tahun.

Fakta: Usia cewek mengalami masa puber berbeda-beda, Girls. Hal ini disebabkan karena proses pertumbuhan bersifat sangat individual, sesuai proses pertumbuhan setiap orang.

  • Mitos: Cewek yang sering bete atau moody itu nggak sehat.

Fakta: Di masa puber, wajar banget kalau cewek jadi moody. Terkadang kamu sangat ceria, tapi tiba-tiba berubah jadi gampang tersinggung. Kondisi ini wajar banget kok, hal ini dikarenakan naik turunnya kadar hormonmu yang menyebabkan pusat kontrol emosimu jadi nggak stabil.

  • Mitos: Setelah menstruasi, payudara cewek berhenti bertumbuh.

Fakta: Payudara masih tetap akan bertumbuh sampai akhir usia belasan ya, Girls, bahkan sebagian cewek mengalaminya sampai berusia dewasa.

  • Mitos: Kalau rambut pubis nggak dicukur, akan berkutu.

Fakta: Girls, rambut pubis yang terkena kutu atau parasit, bukan karena nggak dicukur. Tapi karena tertular. Kalau kamu mengalami hal ini, segera atasi kutu pada rambut pubis dengan obat dari apotek atau dokter ya!

  • Mitos: Kalau nggak menstruasi, berarti hamil.

Fakta: Seorang cewek cuma bisa hamil kalau melakukan hubungan seksual. Kalau menstruasi nggak datang dan nggak melakukan hubungan seksual, maka kondisi ini disebabkan karena kadar hormon reproduksi yang belum seimbang, akibat proses pertumbuhan yang masih berlangsung.

Udah tau kan, Girls, fakta-fakta dibalik mitos tersebut? Sebenarnya nggak semua hal yang kamu dengar tentang puber itu benar lho. Kadang ada hal yang seharusnya nggak kamu lakukan, yang akhirnya membuatmu melakukannya karena mendengar mitos-mitos tersebut. Sebaiknya sebelum menerima info dari orang lain, pastikan dulu dari sumber yang jelas ya! Hal ini harus kamu waspadai karena untuk kebaikan kondisi tubuhmu juga, Girls! Be aware!

Ajak teman-teman kamu baca artikel ini yuk, Girls! Supaya mereka juga tau fakta yang ada dibalik mitos tentang masa puber!

Related Articles

First Timer
10 Dec 2019

Tips Membersihkan Pembalut yang Baik dan Benar

Girls, kamu tau nggak, ternyata pembalut sekali pakai yang kamu gunakan sehari-hari, terbuat dari ba...
First Timer
16 Sep 2019

Bentar Lagi Menstruasi? Keep Calm Aja!

Menjelang sampai beberapa hari di awal menstuasi, biasanya para cewek susah mengendalikan emosinya. ...
First Timer
11 Sep 2019

Jangan Gampang Percaya Sama Mitos Menstruasi!

Kamu sering dengar nasehat kuno tentang menstruasi nggak, Girls? Kadang nasehat kuno itu bagian dari...