Enjoy Sepanjang Hari Saat Menstruasi
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Enjoy Sepanjang Hari Saat Menstruasi

Enjoy Sepanjang Hari Saat Menstruasi

17 Sep 2019

Enjoy Sepanjang Hari Saat Menstruasi

Pas lagi menstruasi, pasti ada saat di mana kamu merasa nggak nyaman. Benar nggak, Girls? Tapi, lebih baik kamu jangan pasrah sama keadaan ini. Karena kalau dari awal kamu bisa mempersiapkan diri dengan baik, pasti kamu akan merasa nyaman sepanjang hari. Nah, supaya kamu bisa enjoy selama menstruasi, lakukan kegiatan-kegiatan di bawah ini yuk, Girls!

Setelah bangun pagi

  • Periksa tempat tidurmu setelah bangun di pagi hari. Kalau terlihat ada noda darah pada sprai atau selimut, langsung lepaskan dan masukkan ke keranjang cucian.

  • Siapkan pakaian sesuai dengan aktivitas yang akan kamu lakukan. Kalau kamu ingin pergi hangout sama teman-temanmu, pilih bawahan yang warnanya gelap atau mungkin bawa cardigan untuk berjaga-jaga kalau terjadi tembus. Cardigan ini berguna banget untuk menutupi pakaianmu yang terkena noda.

  • Periksa emergency kit-mu, jangan lupa isi lagi dengan pembalut, pantyliner dan undies cadangan.

  • Jangan lupa sarapan. Kalau pas menstruasi, darah yang keluar banyak, maka tubuhmu akan mengeluarkan zat besi. Kalau kondisi ini nggak kamu perhatikan, akhirnya bisa menyebabkan anemia. Jadi, sarapan ini jangan kamu abaikan ya! Kamu bisa konsumsi buah dan sayur untuk memenuhi zat besi di dalam tubuhmu.

Saat di sekolah

  • Kamu pasti susah berkonsentrasi karena rasa takut terjadi tembus, jadi pastikan untuk pergi ke kamar mandi saat waktu istirahat.

  • Ganti pembalutmu supaya tetap merasa nyaman selama belajar di kelas.

  • Sebelum mengganti pembalut, jangan lupa untuk membersihkan area vagina dengan air yang bersih dan keringkan sampai nggak ada area yang lembap.

  • Kalau ada pelajaran olahraga, pakailah pembalut bersayap supaya nggak tembus.

Setelah pulang sekolah dan istirahat malam

  • Kalau ada aktivitas setelah pulang sekolah seperti les, ekskul atau ada janji dengan teman, jangan lupa untuk mengganti pembalut setiap empat jam sekali supaya kulit di sekitar area vaginamu terhindar dari infeksi.

  • Saat malam hari, jangan tidur terlalu larut karena tubuhmu membutuhkan waktu istiharat sembilan jam di malam hari selama menstruasi.

  • Ganti pembalut pas sebelum tidur, pakai pembalut malam yang bisa melindungimu dari ‘bocor’.

Gimana? Sekarang kamu tau kan, cara supaya tetap enjoy walaupun lagi menstruasi? Nggak cuma satu waktu aja lho, tapi mulai dari kamu bangun sampai tidur di malam hari! Kalau kamu udah mencoba jadwal kegiatan di atas secara tepat, maka kamu nggak bakal khawatir tembus lagi. Selain itu, kamu juga bisa tetap aktif dan happy menjalankan aktivitas rutinmu. So, have fun, Girls!

Yuk, ajak teman-temanmu untuk baca artikel ini supaya mereka bisa enjoy sepanjang hari pas lagi menstruasi!

Related Articles

First Timer
09 Jun 2021

Ketahui Ciri-ciri yang Menandakan Menstruasi Tidak Normal

Seperti yang sudah diketahui, setiap bulannya wanita yang alat reproduksinya sudah matang akan meras...
First Timer
09 Dec 2019

Muntah Menjelang Menstruasi, Normal Nggak ya?

Girls, rasa mual yang hebat dan diakhiri dengan muntah yang terjadi menjelang menstruasimu, dikatego...
First Timer
22 Aug 2019

Duh, Keringat Bikin Nggak Nyaman!

Kalau lagi menstruasi pasti ada aja yang bikin kamu nggak nyaman. Mulai dari gejala PMS seperti nyer...