Emergency Kit Pas Menstruasi
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Emergency Kit Pas Menstruasi

Emergency Kit Pas Menstruasi

11 Sep 2019

Emergency Kit Pas Menstruasi

Di usia remaja seperti sekarang ini, saat proses pertumbuhan fisikmu masih berlangsung, maka tubuhmu belum bisa memproduksi hormon reproduksi secara seimbang yang menyebabkan siklus menstruasimu belum teratur. Datangnya sering nggak tepat dan bisa berisiko terjadi ‘kecelakaan’. Duh, jangan sampai hal itu terjadi deh!

Kalau di sekolahmu ada loker, kamu bisa menyimpan cadangan pakaian dalammu di sana, Girls. Tapi kalau nggak ada, mending kamu berjaga-jaga dan menyiapkan emergency kit. Emergency kit adalah kumpulan benda-benda yang bisa membantumu mengatasi menstruasi yang datang tiba-tiba. Tapi, kamu nggak bisa membeli emergency kit yang siap pakai seperti kotak P3K, karena kamu harus menyiapkannya sendiri, Girls. Kira-kira emergency kit itu isinya harus ada apa aja ya?

  • Satu underwear katun. Bahan katun ini baik untuk kulitmu karena memiliki pori-pori, jadi sirkulasi udara ke permukaan kulit area vaginamu tetap lancar. Selain itu, bahan katun ini juga nggak makan tempat karena bisa dilipat menjadi ukuran yang kecil.

  • Satu pembalut. Siapkan pembalut siang, karena biasanya kamu banyak berativitas di siang hari dan pasti membutuhkan cadangan pembalut.

  • Satu pantyliner. Benda satu ini berguna banget untuk mencegah noda di hari terakhir menstruasimu yang mungkin nggak kamu sadari dan masih keluar bercak-bercak darah. So, celana dalammu jadi tetap bersih deh!

  • Satu pack tisu basah. Pilih tisu basah yang mengandung antiseptik seperti tisu basah yang biasanya dipakai bayi. Kamu bisa membersihkan area vagina memakai tisu basah sebelum mengganti pembalut.

Masukkan semua benda-benda tersebut ke dalam wadah pilihanmu seperti pouch, dompet atau kantung serut. Pastikan wadah yang kamu pilih bisa ditutup rapat dan nggak gampang basah saat terkena air, supaya emergency kit-mu terjaga dengan baik dan bisa dipakai pas kamu butuhkan.

Sekarang kamu tau kan, benda apa aja yang harus ada di dalam emergency kit-mu? Kalau kamu lagi pergi dan beraktivitas di luar rumah, pasti kamu membutuhkan benda-beda seperti di atas, apalagi pas menstruasi. So, mulai sekarang jangan lupa untuk selalu membawa emergency kit di dalam tasmu ya, supaya nggak terjadi ‘kecelakaan’ selama beraktivitas, Girls!

Jangan lupa share artikel ini ke teman-temanmu supaya mereka nggak lupa untuk selalu membawa emergency kit-nya!

Related Articles

First Timer
14 Oct 2019

Kenapa Cuma Aku yang Berbeda?

Kamu sering nggak sih, merasa panik karena kondisi menstruasimu berbeda sama teman-teman cewekmu? Mi...
First Timer
26 Jan 2022

Gangguan Menstruasi yang Sering Terjadi Pada Wanita

Tidak sedikit wanita mengalami gangguan menstruasi. Mulai dari siklus menstruasi yang maju mundur, d...
First Timer
23 Sep 2019

PMS atau Menstruasi? Siklus atau Durasi? Duh, Bingung!

“Aku PMS hari pertama tanggal 10 kemarin, dan siklusku cuma berlangsung lima hari doang”...