Duh, Susah Tidur nih!
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Duh, Susah Tidur nih!

Duh, Susah Tidur nih!

21 Nov 2019

Duh, Susah Tidur nih!

Pas menstruasi, kamu pasti jadi susah tidur saat malam hari kan, Girls? Kondisi ini disebabkan karena naik turunnya kadar hormon reproduksimu. Tapi, sebenarnya susah tidur juga bisa kamu alami menjelang dan selama masa suburmu lho. Kalau kamu sering mengalami susah tidur, coba lakukan hal-hal di bawah ini yuk!

  • Jangan mengonsumsi kafein, seperti kopi, teh, minuman bersoda dan juga cokelat, kurang dari 6 jam sebelum waktu tidur.
  • Tentukan waktu tidurmu yang tetap setiap malam, sehingga tubuhmu bisa mengatur jam biologisnya.
  • Lakukan rutinitas tidurmu yang sama setiap malam sebelum tidur, seperti berganti baju, menyikat gigi, pergi ke kamar mandi, dan kemudian tidur.
  • Pastikan suhu ruang tidurmu cukup nyaman, lampu padam, dan suasana tenang. Para ahli tidur bahkan menyarankan jangan ada jam di kamar, karena suara dan gerakan jarum jam cenderung menyebabkan kepanikan saat kamu tidur lho, Girls.
  • Kalau kamu udah tertidur, tapi terbangun lagi pada malam hari, cobalah lakukan teknik pernapasan untuk relaksasi. Tarik napas dalam-dalam, letakkan satu tanganmu di perut dan rasakan gerakannya naik turun selama 30 detik. Tapi kalau cara ini nggak berhasil, cobalah berbaring selama 15 menit. Kalau kamu tetap terbangun, sebaiknya lakukan aktivitas yang membuatmu kembali tidur, seperti membaca.
  • Jangan menonton tv dan browsing internet menjelang tidur. Karena aktivitas tersebut justru mendorong tubuhmu semakin terjaga, sehingga kamu akan susah tertidur, Girls.
  • Minum segelas susu panas bisa menjadi cara relaksasi yang baik lho, Girls. Kamu bisa tambahkan 1 sendok teh gula dan taburi bubuk vanilla untuk mendapatkan rasa yang lebih nikmat.

Kamu tinggal ikuti tips-tips di atas, kalau mengalami susah tidur pas lagi menstruasi. Kalau kondisi ini nggak segera kamu atasi, nantinya malah bisa mengganggu kegiatanmu esok hari lho, Girls. Kamu juga akan cepat merasa lelah dan gampang panik. Kalau gangguan ini nggak hilang juga, sebaiknya segera konsultasikan masalahmu dengan dokter, supaya mendapatkan penanganan medis yang tepat ya, Girls!

Yuk, share artikel ini ke teman-temanmu, Girls! Supaya mereka juga bisa mengatasi gangguan susah tidur pas menstruasi!

Related Articles

First Timer
14 Jan 2022

Mana Tempat Liburan Favoritmu?

Di awal tahun baru ini, pasti kamu pengen banget kan untuk liburan atau sekedar refreshing dari hiru...
First Timer
09 Sep 2019

Organ Reproduksi Itu Apa Aja ya?

Girls, seberapa jauh nih, pengetahuan kamu tentang organ reproduksi? Mungkin kalau kamu udah menstru...
First Timer
20 Nov 2019

Tanda - tanda PMS yang Nggak Biasa!

Girls, pasti kamu berpikiran kalau selama ini tanda-tanda PMS cuma kram, ingin ngemil, atau gampang ...