Duh, Keringat Bikin Nggak Nyaman!
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Duh, Keringat Bikin Nggak Nyaman!

Duh, Keringat Bikin Nggak Nyaman!

22 Aug 2019

Duh, Keringat Bikin Nggak Nyaman!

Kalau lagi menstruasi pasti ada aja yang bikin kamu nggak nyaman. Mulai dari gejala PMS seperti nyeri, lemas, moody, sampai males gerak karena takut tembus. Betul nggak, Girls? Apalagi kalau cuacanya lagi panas, pasti tubuhmu jadi sering berkeringat deh! Ih, nggak betah!

Tapi kamu harus tau nih, sebenarnya keringat itu berfungsi untuk menetralkan suhu tubuhmu lho. Saat memasuki masa puber, tubuhmu akan mengalami perubahan, yaitu kadar hormon yang memproduksi keringat jadi lebih banyak. Terutama pas lagi menstruasi, suhu tubuhmu akan meningkat karena kadar hormon estrogen berkurang. Kalau kamu lagi tegang dan stres karena ujian atau buru-buru karena telat berangkat ke kantor, tubuhmu bisa banjir keringat lho!

Makanya, pas lagi menstruasi kamu harus menjaga kebersihan tubuh supaya kalau lagi berkeringat aromanya nggak mengganggu orang di sekitarmu. Nah, berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, supaya tubuhmu selalu bersih dan wangi selama menstruasi. Check this out, Girls!

  • Mandi dua kali sehari, pagi dan sore hari. Pakai sabun antibakteri supaya tubuhmu bersih dan bebas kuman.
  • Pakai baju berbahan katun supaya bisa menyerap keringatmu secara optimal. Kalau aktivitasmu bisa sampai sore hari, lebih baik kamu membawa baju ganti.
  • Pakai deodorant untuk mengatasi aroma tubuh di bagian ketiakmu.
  • Jangan mengonsumsi makanan yang berbau tajam seperti bawang-bawangan, kopi dan durian, karena jenis makanan itu bisa memengaruhi aroma keringatmu. Lebih baik kamu minum air putih yang banyak supaya nggak dehidrasi.

Kalau udah melakukan cara-cara di atas, dijamin deh, kamu bakal merasa lebih nyaman selama menstruasi! So, mulai sekarang kamu harus rajin menjaga kebersihan tubuhmu ya, supaya selalu fresh sepanjang hari!

Jangan lupa juga ajak teman-temanmu untuk baca artikel ini supaya mereka tau tentang info ini!

Related Articles

First Timer
05 Aug 2019

Cara Simple untuk Redakan Kram Perutmu!

Kram perut yang kamu rasakan pas lagi menstruasi pasti menyiksa banget kan, Girls? Kadang udah minum...
First Timer
11 Dec 2019

Yuk, Cegah Infeksi Jamur, Sebelum Terlambat!

Girls, salah satu infeksi yang harus kamu waspadai yaitu, infeksi jamur. Jamur adalah salah satu flo...
First Timer
12 Nov 2021

Obat yang Bisa Dikonsumsi Saat Menstruasi Tidak Teratur

Hai, girls! Menstruasi jadi salah satu kodrat wanita karena secara normal, wanita akan mengalami men...