Duh! Kenapa ya BAB ku Nyeri Saat Menstruasi?
ask dr laurier

Duh! Kenapa ya BAB ku Nyeri Saat Menstruasi?

Duh! Kenapa ya BAB ku Nyeri Saat Menstruasi?

19 Nov 2019

Duh! Kenapa ya BAB ku Nyeri Saat Menstruasi?

Nyeri saat BAB di masa menstruasi memang mungkin dialami lho, Girls. Kondisi ini bisa bikin jadi nggak nyaman banget. Terus, kenapa bisa terjadi ya? Hal ini terjadi karena otot usus mengalami ketegangan akibat respon terhadap kadar hormon prostaglandin yang meningkat di dalam tubuhmu selama menstruasi, Girls.

Hormon Prostaglandin tuh apa sih?  Hormon yang berfungsi merangsang kontraksi otot rahim untuk bekerja mengeluarkan darah menstruasi, dan meluruhkan selaput dalam dinding rahim. Cara kerja hormon ini menggunakan seluruh otot tubuh kamu lho, dan membuat otot jadi menegang. Begitu pula dengan usus dan saluran pembuangan kamu yang terdiri atas otot pun dapat mengalami hal ini. Itu kenapa saat mendorong kotoran keluar dari tubuhmu terasa nyeri.

Biasanya nyeri saat BAB pas menstruasi nggak berlangsung lama kok, Girls. Soalnya prostaglandin diproduksi ketika kadar estrogen dan progesteron di dalam tubuh turun drastis beberapa hari menjelang, hingga di awal menstruasi.

Terus gimana ya caranya biar nggak ngalamin kondisi kayak gini lagi? Tenang! Nggak usah panik dulu, Girls. Kamu bisa ikuti cara ini agar BAB nggak terasa nyeri lagi saat menstruasi!

  • Olahraga rutin 30 menit sehari, satu minggu menjelang menstruasi
  • Konsumsi cukup air setiap hari
  • Cukupi kebutuhan nutrisi dengan porsi makan 3 kali sehari
  • Kurangi konsumsi junk food

Nggak susah kan? Kalau kamu melakukan cara di atas secara rutin, maka saat BAB kamu akan bebas dari rasa nyeri selama menstruasi berlangsung dan bisa melanjutkan aktivitasmu dengan nyaman Girls!

Yuk, share artikel ini ke teman-teman kamu, Girls! Supaya mereka juga bisa mencegah rasa nyeri ketika BAB saat menstruasi

Related Articles
First Timer
02 Dec 2019

Spotting Itu Apa ya?

Girls, kamu pernah nggak mengeluarkan bercak-bercak darah padahal belum waktunya kamu menstruasi? Hm...
First Timer
22 Aug 2019

4 Nutrisi Penting untuk Masa Pubermu

Masa puber setiap cewek pasti berbeda-beda. Tapi, rata-rata masa puber cewek dimulai antara usia 9 &...
First Timer
22 Aug 2019

Jaga Pembalutmu Supaya Tetap Steril!

Sebagai cewek yang setiap bulan mengalami menstruasi, pembalut pasti jadi benda yang paling penting ...