Ditunggu, Tapi Kenapa Nggak Datang Juga?
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Ditunggu, Tapi Kenapa Nggak Datang Juga?

Ditunggu, Tapi Kenapa Nggak Datang Juga?

16 Dec 2019

Ditunggu, Tapi Kenapa Nggak Datang Juga?

“Seharusnya hari ini menstruasi, tapi kenapa nggak datang juga ya?” kamu pernah mengalami seperti ini nggak, Girls? Hmm…kamu harus tau nih, menstruasi terjadi berdasarkan siklus yang seharusnya tetap. Siklus itu dapat dihitung dengan cara menghitung banyaknya hari sejak hari pertama menstruasi bulan yang lalu, hingga hari pertama menstruasi bulan ini. Misalnya, kalau hari ini tanggal 16 Mei, dan bertepatan dengan hari pertama menstruasimu, yang harus kamu hitung adalah jumlah hari sejak hari pertama menstruasimu di bulan April, sampai tanggal 16 Mei ini. Jumlah hari tersebut adalah siklus menstruasimu, dan biasanya jumlah hari itu akan berulang dari satu siklus ke siklus lainnya, Girls. Sampai sini udah paham?

Terdapat 2 Siklus menstruasi yang biasanya dialami cewek, untuk siklus menstruasi yang sangat pendek adalah 18 hari, dan pada siklus yang sangat panjang, bisa terjadi sampai 45 hari. Siklus menstruasi yang kurang atau sama dengan 30 hari, terkategori sebagai siklus pendek. Sedangkan siklus yang berlangsung lebih dari 30 hari disebut siklus panjang. Jadi, pada kasus menstruasi seorang cewek yang datangnya sangat jarang sehingga seperti terjadi setiap dua bulan, bisa jadi karena cewek tersebut memiliki siklus yang panjang,  yang lebih dari rata-rata hari dalam sebulan (30 hari).

So, kalau kamu merasa menstruasimu sering datang terlambat, jangan panik ya, Girls. Cobalah pastikan siklus menstruasimu lebih dulu, dan kalau kamu udah tau, pastikan keteraturannya sampai 3 siklus berturut-turut. Maka kamu pasti akan menemukan jumlah hari yang tepat. Jadi, jangan lupa mencatat hari pertama menstruasimu mulai dari sekarang ya, supaya bisa memantau siklusmu dengan cermat!

Yuk, ajak teman-temanmu yang lain baca artikel ini ya, Girls! Supaya mereka juga mengetahui cara menghitung siklus menstruasinya dengan benar!

Related Articles

First Timer
10 Sep 2019

Tidur Malam Nggak Pakai Ribet!

Kehebatan pembalut siang saat ini memang nggak perlu ditanyakan lagi, Girls. Selain daya serapnya ti...
First Timer
17 Dec 2021

Lendir Serviks, Tanda Penyakit atau Masa Subur?

Berbicara soal organ intim wanita, perlu diketahui ada cairan yang biasa keluar dari vagina selain d...
First Timer
07 Aug 2019

Capek Pas Menstruasi? Yuk, Usir Pakai 4 Langkah Ini!

Menstruasi bisa jadi saat yang nggak menyenangkan buat para cewek, karena mereka bakal mengalami ber...