Darahnya Sedikit, Normal Nggak ya?
ask dr laurier

Darahnya Sedikit, Normal Nggak ya?

Darahnya Sedikit, Normal Nggak ya?

23 Sep 2019

Darahnya Sedikit, Normal Nggak ya?

Salah satu yang bikin cewek bingung adalah hal yang berhubungan sama menstruasi seperti waktunya yang nggak pas, darah tiba-tiba deras atau darah keluar sedikit banget. Kamu pernah mengalami kondisi seperti itu nggak, Girls? Hmm….sebenarnya perubahan itu wajar banget dialami cewek di usia remaja. Karena saat ini kamu lagi mengalami pertumbuhan, di mana semua fungsi tubuh termasuk organ reproduksimu lagi dalam tahap penyempurnaan.

Kalau suatu saat volume darah menstruasimu mendadak jadi sedikit, kamu nggak perlu panik. Selain itu, kalau biasanya kamu menstruasi selama lima hari dengan volume darah yang cukup banyak, terus tiba-tiba darah menstruasimu sedikit dengan jumlah hari yang sama, itu juga masih termasuk kondisi yang normal kok, Girls.

Menurut para ahli kesehatan, hal yang lebih penting untuk kamu perhatikan saat menstruasi adalah jumlah hari menstruasi, bukan volume darahnya. Secara medis, lama menstruasi yang normal adalah 2 – 10 hari. Umumnya para cewek mengalami menstruasi selama 5 – 7 hari. Nah, kalau menstruasimu kurang atau lebih dari jangka waktu tersebut, baru termasuk nggak normal, Girls. Biasanya penyebab volume darah menstruasi berkurang adalah pola hidup yang terganggu seperti kurang tidur, kelelahan atau sakit. Kalau pola hidupmu udah normal lagi, pasti menstruasimu juga bisa kembali seperti biasa.

Sekarang udah jelas kan, Girls? Saat darah menstruasimu tiba-tiba sedikit tapi jumlah harinya masih seperti biasa, kamu nggak perlu panik lagi karena itu masih normal. Selain itu, kamu juga bisa mengatur menstruasimu supaya tetap normal dengan menjaga pola hidup sehat seperti mengonsumsi nutrisi yang seimbang, berolahraga, hindari stres, dan istirahat yang cukup. So, menstruasimu nggak bakal terganggu dan kamu bisa beraktivitas dengan nyaman, Girls!

Yuk, ajak teman-temanmu untuk baca artikel ini supaya mereka nggak panik lagi kalau darah menstruasinya tiba-tiba sedikit!

Related Articles
First Timer
18 Dec 2019

Menstruasi Cuma Sehari, Wajar Nggak sih?

Kamu pernah mengalami menstruasi yang hanya terjadi sehari nggak, Girls? Hmm…itu menstruasi a...
First Timer
19 Nov 2019

Kok Bocor?

Girls, kamu pernah melihat noda darah di celanamu atau sprai tempat tidurmu? Eits, don’t worry...
First Timer
28 Nov 2019

Nyeri Meradang, Menstruasi Nggak Datang

Kamu pernah nggak sih, merasakan nyeri perut yang sakit banget? Seperti mau menstruasi, tapi padahal...