Darahnya Sedikit, Harus Diganti Nggak ya?
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Darahnya Sedikit, Harus Diganti Nggak ya?

Darahnya Sedikit, Harus Diganti Nggak ya?

20 Sep 2019

Darahnya Sedikit, Harus Diganti Nggak ya?

Di hari-hari terakhir menstruasi, saat darah yang keluarnya cuma sedikit biasanya bikin rasa cemas dan takut tembus itu berkurang. Benar nggak, Girls? Kadang juga kamu jadi mikir, “Pembalutnya harus tetap diganti nggak ya?”. Hmm...kira-kira yang benar gimana ya?

Para ahli kesehatan reproduksi nggak pernah bosan untuk mengingatkan para cewek supaya rajin mengganti pembalutnya minimal empat jam sekali. Alasan utama dari saran itu bukan karena daya tampung pembalut atau takut bocor, tapi karena kondisi lembap yang bisa mengubah sifak baik dari bakteri, virus dan jamur yang ada di permukaan kulitmu jadi patogen (merusak kulit). Kelembapan yang dialami kulit lebih dari empat jam diketahui bisa menyebabkan flora kulit jadi aktif dan bisa menginfeksi kulit. Akibatnya kulit di sekitar vaginamu bakal terasa gatal. Jadi, walaupun volume darah yang keluar cuma sedikit, kamu tetap disarankan untuk mengganti pembalut setiap empat jam sekali.

Kamu juga harus memerhatikan cara membersihkan area vaginamu saat mengganti pembalut, Girls. Mungkin kelihatannya sepele, tapi kamu juga harus paham gimana cara yang tepat saat membersihkan area vaginamu supaya nggak iritasi atau terinfeksi. Yuk, ikuti cara-cara di bawah ini!

  • Bersihkan area kulit di sekitar vagina dengan air bersih atau tisu basah yang mengandung antiseptik.

  • Gerakan membersihkannya harus dari depan ke belakang. Hal ini dilakukan untuk mencegah kotoran dari saluran pembuangan berpindah ke area vagina. Karena kalau itu terjadi, kamu bisa berisiko terkena infeksi kulit.

  • Setelah dibersihkan, keringkan kulitmu sampai nggak ada lagi area yang lembap supaya saat bersentuhan dengan pembalut, kulitmu lebih terasa nyaman.

Nah, kalau kamu udah melakukan langkah-langkah di atas, kulitmu akan terjaga dari kelembapan yang berlebihan. So, kamu bisa terbebas dari risiko iritasi kulit deh! Mulai sekarang, jangan pernah membiarkan pembalutmu terpasang lebih dari empat jam, walaupun darah yang keluar tinggal sedikit ya! Hal ini dilakukan supaya kamu selalu sehat selama menstruasi, Girls!

Jangan lupa ajak teman-temanmu untuk baca artikel ini supaya mereka rajin mengganti pembalutnya walaupun darah menstruasinya tinggal sedikit!

Related Articles

First Timer
12 Dec 2019

Kenapa Tanggalnya Nggak Selalu Sama Tiap Bulan?

Kalau kamu sayang dengan tubuhmu, pastinya kamu akan lebih aware sama kesehatan reproduksimu juga ka...
First Timer
22 Nov 2019

Sariawan Pas PMS, Nyebelin Banget!

Kamu pasti udah nggak asing lagi sama gangguan menstruasi yang tiba-tiba muncul seperti jerawatan, m...
First Timer
02 Oct 2019

Tetap Nyaman Berolahraga Pas Menstruasi

Malas berolahraga pas menstruasi memang sering dirasakan para cewek, Girls. Nggak cuma karena merasa...