ask dr laurier
Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Darah Menstruasiku Sedikit atau Banyak ya?

Darah Menstruasiku Sedikit atau Banyak ya?

Author: Tim Edukasi Laurier

25 Nov 2019

Darah Menstruasiku Sedikit atau Banyak ya?

Girls, semua tentang menstruasi yang udah pernah kamu alami, pasti udah nggak asing lagi, iya kan? Kalau sebelumnya kamu sering mengalami “kebocoran” karena belum tau cara menghitung siklusnya, tapi setelah kamu tau caranya, pasti “kebocoran” pun bisa dicegah.

Eits, tapi ternyata nggak cuma siklus menstruasi yang bisa dihitung, kamu juga bisa memperkirakan banyaknya darah yang kamu keluarkan setiap kali menstruasi lho, Girls! Hal ini bisa dijadikan patokanmu untuk memperkirakan berapa banyak pembalut yang harus kamu siapkan pas kamu lagi di luar rumah, Girls.

Hmm…terus gimana sih, cara memperkirakan darah yang keluar banyak atau sedikit? Nah, sebenarnya setiap cewek punya pola yang unik saat menstruasi. Misalnya, kamu mengalami menstruasi ringan, aliran darah sedikit, dan cuma terjadi beberapa hari. Atau sebaliknya, ada temanmu yang mengalami menstruasi berat, aliran darah relatif deras sampai harus sering mengganti pembalut, lalu setelah dua atau tiga hari, aliran darahnya berkurang sampai benar-benar selesai.

So, kamu cuma cukup pastikan setiap mencatat tanggal saat menstruasi, catat juga keterangan aliran darah yang terjadi setiap hari ya, Girls. Keterangan yang kamu catat bakal berguna untuk menganalisa pola aliran darah menstruasimu, karena pola ini akan berulang, Girls.

Tapi, biasanya pada beberapa siklus setelah menstruasi pertama, kamu nggak akan mengalami menstruasi yang berat, Girls. Kondisi ini disebabkan karena tubuhmu masih mengalami penyempurnaan siklus. Kalau siklusmu udah menetap, maka pola aliran darah menstruasimu juga akan menetap.

Sekarang kamu udah tau kan, cara memperkirakannya, Girls? Jadi, nggak benar ya, kalau ada yang bilang setelah melahirkan nanti, aliran darah menstruasimu akan menjadi lebih sedikit dan juga sebaliknya. So... be alert and be prepare, Girls!

Yuk, share artikel ini ke teman-teman cewekmu, supaya mereka juga bisa tau info ini!

Related Articles

Author: Tim Edukasi Laurier
09 Dec 2019

4 Fakta dari Pembalut Sekali Pakai

Kalau udah ngomongin tentang menstruasi pastinya berhubungan sama pembalut yang kamu pakai kan, Girl...
Author: Tim Edukasi Laurier
09 Sep 2019

Organ Reproduksi Itu Apa Aja ya?

Girls, seberapa jauh nih, pengetahuan kamu tentang organ reproduksi? Mungkin kalau kamu udah menstru...
Author: Tim Edukasi Laurier
18 Nov 2019

Kenapa Punggungku Selalu Nyeri Pas Menstruasi?

Girls, menjelang atau selama menstruasi pasti kamu nggak cuma mengeluhkan nyeri perut aja, iya kan? ...