Darah Menstruasi Menggumpal, Berbahayakah?
ask dr laurier

Darah Menstruasi Menggumpal, Berbahayakah?

Darah Menstruasi Menggumpal, Berbahayakah?

23 Sep 2022

Darah Menstruasi Menggumpal, Berbahayakah?

Sama seperti warna darah menstruasi, konsistensi atau tekstur darah menstruasi kamu juga bisa berbeda dari satu siklus ke siklus berikutnya. Hal ini sebetulnya wajar lantaran hormon tubuh akan terus berubah mengikuti kondisi fisik dan pikiranmu saat menstruasi. Lantas, apa artinya kalau darah menstruasi menggumpal?

Yuk, cari tahu jawabannya dalam artikel ini!

Bagaimana darah menstruasi bisa menggumpal?

Siklus menstruasi dimulai ketika hormon memberi tahu tubuh untuk melepaskan endometrium atau lapisan rahim. Bersamaan dengan itu, jaringan dari lapisan rahim dan protein dalam darah juga akan ikut luruh bersama darah. Volume dua bagian ini normalnya akan mengikuti jumlah darah yang keluar dari tubuh. Artinya, semakin banyak darah menstruasi yang mengalir ke vagina bersama endometrium, akan semakin banyak pula jaringan dari lapisan rahim dan protein dalam darah yang ikut luruh.

Proses alamiah di atas dapat terjadi lantaran jaringan dari lapisan rahim dan protein dalam darah punya tugas untuk mencegah terlalu banyak darah keluar dari tubuh. Melalui proses pembekuan darah, sel darah dan endometrium, jaringan dari lapisan rahim, serta protein dalam darah akan membentuk gumpalan di kala jumlah darah menstruasi kamu sedang banyak-banyaknya. Dengan demikian, darah menstruasi menggumpal itu disebabkan oleh volume darah menstruasi yang terlalu banyak hingga terjadilah proses pembekuan darah ketika jaringan dari lapisan rahim dan protein dalam darah ikut luruh bersama.

Related Articles
First Timer
16 Aug 2019

‘Diet’ Anti-PMS

Girls, mungkin sekarang kamu lagi bingung dan bertanya-tanya, “Emang ada ya, diet anti-PMS?&rd...
First Timer
04 Oct 2019

Makanan Lezat, PMS Minggat!

Girls, kamu pernah nggak sih, membayangkan kalau makanan yang kamu konsumsi sebelum dan selama menst...
First Timer
11 Aug 2022

Menstruasi Tidak Teratur, Normalkah? Kapan Harus ke Dokter?

Momen menarche atau menstruasi pertama setiap anak perempuan itu berbeda-beda. Kalau menurut penelit...