ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Cokelat Lezat Bikin PMS Minggat

Cokelat Lezat Bikin PMS Minggat

02 Oct 2019

Cokelat Lezat Bikin PMS Minggat

Girls, kamu sering nggak sih, tiba-tiba ingin makan cokelat sampai rasanya seperti ngidam? Terus beberapa hari kemudian ternyata menstruasimu datang. Nah, kejadian itu bukan hal yang kebetulan lho, Girls! Menurut para ahli kesehatan reproduksi, ngidam cokelat sebelum menstruasi ini bisa terjadi karena tubuhmu memang lagi membutuhkannya.

Para cewek biasanya mengalami PMS antara 7 – 10 hari menjelang menstruasi yang disebabkan karena hormon di dalam tubuhnya lagi nggak stabil. Gejala yang paling umum dirasakan adalah moody, tubuh gemetar dan merasa lemas di antara waktu makan. Semua gejala itu akan membuat tubuhmu mencari pengalaman yang menyenangkan. Pengalaman tersebut bisa dialami tubuhmu saat kamu makan cokelat.

Saat cokelat diproses oleh tubuhmu, maka zat-zat yang ada di dalam cokelat akan memicu tubuh untuk menghasilkan serotin, yaitu sejenis hormon yang bisa membuat tubuhmu lebih relaks dan nyaman. Hal itulah yang menyebabkan tubuhmu mengirimkan sinyal supaya kamu makan cokelat untuk mengatasi kondisi PMS-mu. Di bawah ini ada beberapa manfaat cokelat yang bisa mengatasi gejala PMS-mu:

  • Menekan stres. Susunan kimia di dalam cokelat akan bereaksi di dalam tubuhmu dan bekerja untuk menekan produksi hormon stres.

  • Menimbulkan rasa kenyang. Kandungan strearic acid pada cokelat akan membuat pencernaanmu bekerja lebih lambat, sehingga bisa menimbulkan rasa kenyang yang lebih lama. Selain itu, kandungan strearic acid ini juga bisa menekan dorongan makan yang biasanya meningkat pas menjelang menstruasi.

  • Bikin happy. Cokelat ini mengandung anandamide, yaitu sejenis neurotransmitter yang memicu rasa happy.

Satu hal yang perlu kamu ingat adalah jangan sembarangan saat memilih cokelat. Karena para ahli udah menyarankan supaya para cewek memilih jenis dark chocolate yang kandungan kalori, lemak dan gulanya sedikit, sehingga lebih baik untuk tubuhmu. Eits, tapi jangan sampai berlebihan ya, kamu cukup mengonsumsi dua kotak dark chocolate sehari. Jumlah itu udah cukup kok, untuk meredakan gejala PMS yang kamu rasakan menjelang menstruasi. So, PMS hilang, berat badanmu juga tetap terjaga, Girls!

Jangan lupa ajak teman-temanmu untuk baca artikel ini supaya mereka tau alasan dari ngidam cokelat menjelang menstruasinya!

Related Articles

First Timer
20 Sep 2019

Darahnya Sedikit, Harus Diganti Nggak ya?

Di hari-hari terakhir menstruasi, saat darah yang keluarnya cuma sedikit biasanya bikin rasa cemas d...
First Timer
16 May 2019

Keputihanku Normal Apa Nggak ya?

Nggak cuma menstruasi, ternyata keputihan juga ada yang normal dan nggak normal, lho! Kalau keputiha...
First Timer
04 Dec 2019

Obrolin Menstruasi Pertama pada Mama

Girls, meskipun kamu udah banyak membaca tentang menstruasi, atau mungkin kamu juga udah diajak bica...