Cari Tahu Manfaat Chamomile Tea untuk Menstruasimu, yuk!
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Cari Tahu Manfaat Chamomile Tea untuk Menstruasimu, yuk!

Cari Tahu Manfaat Chamomile Tea untuk Menstruasimu, yuk!

28 Sep 2010

Cari Tahu Manfaat Chamomile Tea untuk Menstruasimu, yuk!

Kamu pasti pernah denger teh chamomile, kan? Atau kamu udah pernah nyobain rasanya? Ternyata nggak cuma enak lho, tapi chamomile punya segudang manfaat buat kamu yang lagi menstruasi! Berdasarkan catatan sejarah, chamomile adalah tumbuhan yang sering dipakai oleh bangsa Mesir sebagai salah satu ramuan obat untuk berbagai penyakit. Keunggulan dari chamomile lalu dimanfaatkan oleh penduduk Benua Eropa pada tahun 1600 M, terutama untuk mengatasi gangguan susah tidur atau insomnia.

Manfaat chamomile untuk perempuan, pertama kali dibuktikan pada tahun 2007 oleh para peneliti dari Imperial College London di Inggris. Hasil penelitian yang dilansir oleh Journal of Agricultural and Food Chemistry edisi Desember 2007, menyatakan kalau bunga chamomile yang dicampurkan ke dalam seduhan teh, bisa menyembuhkan kram perut saat menstruasi.

Penelitian itu menggunakan uji urine yang dilakukan kepada 14 orang perempuan sebagai responden. Di awal penelitian, para responden menjalani tes urine. Lalu, setiap hari selama 2 minggu, responden tersebut harus mengonsumsi 5 cangkir teh chamomile. Pada akhir penelitian, para peneliti melakukan tes urine kepada seluruh responden dan menemukan bahwa terjadi peningkatan daya tahan tubuh karena di dalam urine tersebut terkandung glycine, yaitu sejenis hormon yang bisa menghilangkan kejang otot.

Nah, di sisi lain, para ahli Botani di dunia mengatakan bahwa kandungan alpha-bisalcohol, chamozulene, polyines dan flavonoid yang ada di dalam bunga chamomile memang membuat teh chamomile mempunyai khasiat yang luar biasa. Terutama untuk mengurangi ketegangan otot, termasuk otot perut saat menstruasi.

So, nggak cuma enak dan bikin tenang aja nih Girls, kalau kamu minum satu cangkir teh chamomile sebelum tidur malam, ternyata bisa bikin tidur kamu jadi lebih lelap karena rasa kram di perut kamu pasti bakalan berkurang.

Share artikel ini ke temen-temen kamu yang lain, yuk! Supaya mereka juga tau kalau teh chamomile punya banyaaakkk banget manfaat untuk menstruasi.

Related Articles

First Timer
14 Nov 2020

Sebagai Wanita Penting Mengetahui Siklus Haid

 Menstruasi pertama kali biasanya terjadi pada umur pubertas, yang dimulai umur 12 tahun yang s...
First Timer
11 Nov 2021

Benarkah Obesitas Bisa Ganggu Siklus Menstruasi?

Kebijakan bekerja dan sekolah dari rumah membuat beberapa orang jarang olahraga ke luar rumah dan le...
First Timer
25 Nov 2021

Seberapa Sabarkah Kamu?

Kata orang, sabar itu ada batasnya. Kamu mungkin merasa udah jadi orang yang sabar, tapi seberapa sa...